Pengaruh Tes STIFIn Dan Budaya Literasi Self Knowledge Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasantri Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Mawaddah Paiton Probolinggo

Jannah, Madaliatul (2024) Pengaruh Tes STIFIn Dan Budaya Literasi Self Knowledge Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasantri Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Mawaddah Paiton Probolinggo. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MADALIATUL JANNAH - 203206030030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

STIFIn adalah uraian dari sensing (S), thinking (T), intuiting (I), feeling (F), insting (In). Tes STIFIn adalah salah satu jenis tes kecerdasan yang menggunakan metode biometrik yang dilakukan dengan menggunakan scanning sidik jari, retina dan atau DNA. Tes STIFIn saat ini lebih diminati karena proses yang dilakukan terbilang simple namun akurat untuk mengetahui tingkat kecerdasan serta personal genetiknya. Namun, ibarat pisau yang tumpul apabila tidak diasah, penjabaran hasil dari Tes STIFIn tersebut perlu dikembangkan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan pembiasaan literasi khususnya tentang Self Knowledge untuk meningkatkan Motivasi belajarnya Sebagaiman telah dilakukan oleh Mahasantri Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Mawaddah Paiton, Probolinggo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Adakah pengaruh tes STIFIn terhadap peningkatan motivasi belajar Mahasantri Putri?. 2) Adakah pengaruh literasi Self Knowledge terhadap peningkatan motivasi belajar Mahasantri Putri? 3) Adakah pengaruh tes STIFIn dan literasi Self Knowledge terhadap peningkatan motivasi belajar Mahasantri Putri di Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah al-Mawaddah Paiton Probolinggo?
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh tes STIFIn terhadap peningkatan motivasi belajar. Menganalisis pengaruh literasi Self Knowledge terhadap peningkatan motivasi belajar dan Menganalisis pengaruh tes STIFIn dan literasi Self Knowledge yang dibiasaan terhadap peningkatan motivasi belajar di Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah al-Mawaddah Paiton Probolinggo?.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian adalah ex-post facto research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis inferensial.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel X1 memberi pengaruh yang kurang signifikan terhadap variabel Y dengan hasil Thitung < Ttabel yakni 0,114 < 1,987. Sedangkan variabel X2 memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap variabel Y denga hasil Thitung > Ttabel yakni 3.782 > 1.987. Sedangkan secara simultan dengan perhitungan uji F dengan hasil Fhitung > Ftabel yakni 10.299 > 3.101 dan signifikansi 0.000 < dari ketetapan 0.05 dengan pengaruh sebesar 19.3% sesuai dari hasil Adjusted R Square.

Kata Kunci: STIFIn, Literasi, Self Knowledge, Motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170205 Neurocognitive Patterns and Neural Networks
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MADALIATUL JANNAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:32
Last Modified: 08 Jul 2024 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35546

Actions (login required)

View Item View Item