Manajemen Layanan Khusus Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025

Febriana, Shinta (2024) Manajemen Layanan Khusus Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-045-MPI-2024)
SKRIPSI SHINTA WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen, Layanan Khusus Ekstrakurikuler, Keterampilan Menulis.
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam berlangsungnya kehidupan manusia. Dalam Islam, menuntut ilmu adalah perintah yang wajib. Karena dengan ilmu pengetahuan, manusia menjadi mengetahui apa yang ada di dunia. Mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu salah satu dari tujuan pembangunan nasional.
Fokus dari Penelitian ini yaitu :1. Bagaimana perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro ? 2. Bagaimana pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro ? 3. Bagaimana evaluasi kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro ?. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1.Untuk mengetahui perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro 2.Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro 3.Untuk mengetahui evaluasi kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Latin Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Candipuro.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah Kesimpulannya, proses pelaksanaan program Kaligrafi Latin dimulai dari tahap perencanaan yang mencakup pembentukan struktur organisasi dan penyusunan agenda yang disesuaikan dengan visi dan Misi lembaga. Setelah struktur dan jadwal kegiatan terbentuk, pembina merekrut peserta didik Kalografi Latin untuk melaksanakan kegiatan. Sinergi antara tujuan Kaligrafi Latin dengan visi dan Misi lembaga sangat penting agar kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai dengan koridor lembaga. Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran, menggunakan beberapa materi atau teknik kaligrafi seperti Khat Nashki dan Khat Tsulus. Monitoring dari lembaga dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan kegiatan. Evaluasi kegiatan Kaligrafi Latin Pembina melakukan evaluasi terhadap peserta didik melalui penilaian dan evaluasi bersama yang dilakukan oleh penanggung jawab, pembina, dan lembaga pada setiap rapat akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email sfebriana82@gmail.com
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:24
Last Modified: 04 Jul 2024 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35555

Actions (login required)

View Item View Item