STRATEGI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI FENOMENOLOGI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MU’TADIL KLAMPIS BANGKALAN)

Febriani, Nur Ma'rifatul (2024) STRATEGI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI FENOMENOLOGI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MU’TADIL KLAMPIS BANGKALAN). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-133-PAI-2024)
Nur Ma'rifatul_T20191380_Watermarx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Nur Ma’rifatul Febriani, 2024: Strategi Kemandirian Belajar Siswa Penghafal Al-Qur’an (Studi Fenomenologi Siswa Penghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mu’tadil Klampis Bangkalan)
Adanya fenomena kemandirian belajar siswa penghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mu’tadil yang mengikuti kegiatan menghafal Al-Qur’an karena inisiatif sendiri, fenomena kemandirian belajar siswa penghafal Al-Qur’an tampak pada siswa yang mampu mengatur waktu belajar serta prestasi yang diperoleh siswa, menyempatkan menghafal sela-sela waktu sibuk mengenyam pendidikan merupakan salah satu fenomena yang menarik untuk diteliti ditengah maraknya anak-anak pada masa kini lebih berfokus pada permainan teknologi, adanya inisiatif dari siswa yang mengikuti kegiatan menghafal Al-Qur’an menjadi fenomena yang perlu diteliti lebih lanjut.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi kemandirian belajar siswa penghafal Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah Al-Mu’tadil? 2) Bagaimana model kegiatan menghafal siswa penghafal al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah al-Mu’tadil dengan menggunakan strategi belajar mandiri?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kemandirian belajar siswa penghafal Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah Al-Mu’tadil. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana model kegiatan menghafal siswa tahfidz al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah al-Mu’tadil dengan menggunakan strategi belajar mandiri

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi berupa naratif jurnal. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi kemandirian belajar siswa penghafal Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah al-Mu’tadil adalah dengan mengelola kemandirian diri sendiri, yakni yang dilakukan dengan menetapkan tujuan menjadi penghafal Al-Qur’an, kemampuan mengelola waktu, kemampuan memanfaatkan sumber belajar, kemampuan memonitor kemajuan diri sendiri, kemampuan mengevaluasi. 2) Model kegiatan menghafal siswa penghafal Al-Qur’an di madrasah ibtidaiyah Al-Mu’tadil dengan menggunakan strategi belajar mandiri dilakukan dengan 4 model kegiatan menghafal yakni yang pertama penetapan tujuan hafalan, yang kedua perencanaan waktu, yang ketiga pemilihan metode penghafalan, yang ke empat dukungan dan pembinaan.

Kata Kunci: Strategi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Penghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nur Ma'rifatul Febriani
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:54
Last Modified: 15 Jul 2024 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35565

Actions (login required)

View Item View Item