Model Pendistribusian Zakat Pertanian Oleh Kaum Petani Di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember

Mufid Baihaqi, Imam (2024) Model Pendistribusian Zakat Pertanian Oleh Kaum Petani Di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-032-MZAWA-2024)
SKRIPSI MUFID.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Pendistribusian, Zakat, Pertanian.

Islam adalah agama wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi yang terakhir yang ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan manusia, dan seorang muslim harus mengetahui pondasi orang Islam yang dikenal dengan rukun Islam, salah satunya yaitu menunaikan zakat. Di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember memiliki lahan persawahan yang cukup luas dan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani, oleh karena itu di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember dapat dijadikan sebagai potensi perekonomian masyarakat melalui zakat pertanian tersebut.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana mekanisme pendistribusian zakat pertanian di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? 2) bagaimana model pendistribusian zakat pertanian di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui mekanisme pendistribusian zakat pertanian di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui model pendistribusian zakat pertanian di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Dalam penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan tertentu terhadap informan yang dianggap mengetahui terkait penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya yaitu deskriptif yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan juga triangulasi metode.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti bahwasanya yang pertama para petani yang tergolong muzakki sudah melakukan zakat pertaniannya sesuai dengan syariat Islam, namun menurut Jumhur Ulama tidak semua zakat pertanian wajib mengeluarkan zakat pertaniannya misalnya buah-buahan, meskipun tidak wajib masyarakat yang menanam semangka, kedelai, bahkan tembakau tetap mengeluarkan zakatnya dengan cara mengkiyaskan ke dalam zakat perdagangan agar lebih berhati-hati. Selain itu para muzakki menyalurkan zakatnya langsung kepada mustahik terdekat ada juga yang melalui perantara amil zakat masjid an-Najah, yang kedua para takmir masjid an-Najah menerapkan tiga model dalam melakukan pendistribusian zakat yang dikelola yaitu, pendistribusian zakat secara konsumtif tradisional, pendistribusian zakat secara konsumtif kreatif, dan pendistribusian zakat secara produktif kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Imam Mufid Baihaqi
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:57
Last Modified: 19 Jul 2024 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35566

Actions (login required)

View Item View Item