Pengaruh Metode Mind Mappnig Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata di Kelas X IPA MAN 3 Jember.

Lin, Istiqomah (2020) Pengaruh Metode Mind Mappnig Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata di Kelas X IPA MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Lin Istiqomah_T20168009.pdf

Download (13MB)

Abstract

Lin Istiqomah, 2020: Pengaruh Metode Mind Mappnig Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata di Kelas X IPA MAN 3 Jember. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar. Metode pembelajaran mind mapping adalah metode yang dirancang untuk membantu siswa dalam proses belajar, menyimpan informasi berupa materi pelajaran yang diterima oleh siswa pada saat pembelajaran, dan membantu siswa menyusun inti-inti yang penting dari materi pelajaran ke dalam bentuk peta, grafik maupun penggunaan simbol sehingga siswa lebih mudah mengingat pelajaran tersebut. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa di kelas X IPA MAN 3 Jember sebelum dibelajarkan metode mind mapping? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa di kelas X IPA MAN 3 Jember setelah dibelajarkan metode mind mapping? 3) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi invertebrata di kelas X IPA MAN 3 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa di kelas X IPA MAN 3 Jember sebelum dibelajarkan metode mind mapping. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa di kelas X IPA MAN 3 Jember setelah dibelajarkan metode mind mapping. 3) Untuk mengetahui pegaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa di kelas X IPA MAN 3 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa setiap kelasnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro Wilk dan teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U Test karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar pretest posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,286 > 0,05 maka H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pretest antara kedua kelas tersebut. Sedangkan setelah mendapat perlakuan hasil belajar posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pretest antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi invertebrata di kelas X IPA MAN 3 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:55
Last Modified: 06 Apr 2022 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item