Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Visioner Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Al Majidi Tanggul Jember

WulandariNingsih, Endang (2024) Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Visioner Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Al Majidi Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-057-MPI-2024)
Skripsi Endang T20173098 Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Endang WulandariNingsih, 2024. Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Visioner Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di SMK Al Majidi Tanggul Jember)
Kata Kumci : Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
Peran kepala sekolah sebagai pemimpin visioner dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil dan tidaknya mutu pendidikan itu sendiri. Untuk mewujudkannya perlu perencanaan serta implikasi dari perencanaan secara bersama-sama agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai pemimpin visioner di SMK Al Majidi Tanggul Jember? 2) Bagaimana implikasi kepemimpinan visioner terhadap mutu Pendidikan di di SMK Al Majidi Tanggul Jember?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai pemimpin visioner di SMK Al Majidi Tanggul Jember. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis implikasi kepemimpinan visioner terhadap mutu Pendidikan di di SMK Al Majidi Tanggul Jember?
Pendekatan penekitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan, Metode Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangukasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah 1) Peran kepala sekolah sebagai pemimpin visioner di SMK Al Majidi Tanggul Jember sudah dijalankan dengan baik agar terarah dengan lebih baik lagi. Untuk mewujudkan visi dan misi sesuai dengan harapan, maka kepala SMK Al Majidi Tanggul Jember membuat kebijakan secara musyawarah mufakat mualai dari perencanaan, diskusi hingga evaluasi agar dijalankan ikhlas tanpa adanya paksaan. Kemudian untuk mengetahui hasil dari kebijakan itu maka diadakan evaluasi bersama selama tiga bulan sekali guna untuk mengetahui perubahan yang lebih baik. 2) Implikasi Kepemimpinan Visioner Terhadap Mutu Pendidikan di SMK Al Majidi Tanggul Jember peran kepala sekolah dalam menjalankan kebijakan yang telah disepakati bersama dalam rapat guru dan karyawan SMK Al Majidi Tanggul Jember untuk meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik. Kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK Al Majidi Tanggul Jember seperti peningkatan pembelajaran secara efektif, kegiatan ekstrakurikuler yang akan menampung bakat dan minat siswa, kegiatan religius keagaamaan seperti (membaca Al Quran di pagi hari, sholat dhuha dan dhuhur berjamaah di musholla sekolah) sesuai dengan visi dan misi SMK Al Majidi Tanggul Jember. Selain itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan kepala sekolah juga sangat menekankan untuk selalu meningkatkan jumlah siswa setiap ajaran baru. Tidak hanya itu, peran kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan SMK Al Majidi mencerminkan sebagai agen perubahan (Agent of Chang), juru bicara juga mencerminkan sebagai pelatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Endang Endang WulandariNingsih Bebun
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:21
Last Modified: 04 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35570

Actions (login required)

View Item View Item