Pendayagunaan dana zakat produktif melalui program ternak desa sejahtera tds pada laznas nurul hayat jember studi kasus di desa sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember

Fawaid, rohman (2024) Pendayagunaan dana zakat produktif melalui program ternak desa sejahtera tds pada laznas nurul hayat jember studi kasus di desa sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan bisnis islam :Manajemen Zakat dan Waqaf.

[img] Text (SK-028-MZAWA-2024)
FAWAIDURRAHMAN_E20184013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Fawaidurrahman, Dr. H. Fauzan, S. Pd., M. Si, 2024: Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Melalui Program Ternak Desa Sejahtera (TDS) Pada Laznas Nurul Hayat Jember (Studi Kasus Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember)
Zakat produktif adalah pemberian zakat (berupa modal usaha) yang dapat membuat para penerimanya menghasilkan sesuatu secara terus-menerus dengan harta zakat yang telah diterimanya. Dengan demikian zakat produktif adalah zakat yang di mana harta atau dana zakat yang diberikan kepada para mustahik tidak dihabiskan akan tetapi dikembangkan dan digunakan untuk membantu usaha mereka, sehingga dengan usaha tersebut mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup secara berkelanjutan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana pendayagunaan dana zakat produktif melalui program Ternak Desa Sejahtera (TDS) pada LAZNAS Nurul Hayat Jember di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo. 2. Bagaimana penerapan program Ternak Desa Sejahtera (TDS) pada LAZNAS Nurul Hayat Jember di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo.
Tujuan dari penelitian ini: 1. Mengetahui pendayagunaan dana zakat produktif melalui program Ternak Desa Sejahtera (TDS) pada LAZNAS Nurul Hayat Jember di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo. 2. Mengetahui penerapan program Ternak Desa Sejahtera (TDS) pada LAZNAS Nurul Hayat Jember di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif normative, untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pendayagunaan dana zakat produktif melalui program Ternak Desa Sejahtera (TDS) pada LAZNAS Nurul Hayat Jember menggunakan manajemen distribusi antara lain : Perencanaan (planning) membuat program dengan mengacu pada visi misi LAZNAS Nurul Hayat Jember. Pengorganisasian (organizing) koordinasi, survei, dan terjun ke lapangan memberikan bantuan kepada mustahik. Pengarahan (actuating) melakukan pembinaan terhadap mustahik. Pengawasan (controlling) meminta laporan kepada mustahik. 2. Penerapan program Ternak Desa Sejahtera (TDS) pada LAZNAS Nurul Hayat Jember yaitu zakat produktif disalurkan kepada seseorang yang berhak menerima zakat yaitu kaum dhuafa, dan program yang dijalankan harus sesuai dengan penerapan zakat produktif.

Kata Kunci: Zakat Produktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: M Fawaiddurrohman
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:53
Last Modified: 08 Jul 2024 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35578

Actions (login required)

View Item View Item