Analisis strategi pemasaran pada aplikasi Mobile Banking dalam meningkatkan minat nasabah di PT Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jember Balung

Efendi, Ghofur (2024) Analisis strategi pemasaran pada aplikasi Mobile Banking dalam meningkatkan minat nasabah di PT Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jember Balung. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-069-PS-2024)
Skripsi Ghofur Efendi BSI Balung (distribusi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

BSI KCP Jember Balung merupakan salah satu lembaga keuangan
berbasis islam yang memiliki aplikasi mobile banking. Aplikasi ini sebagai bentuk
layanan BSI dalam mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi
dimanapun dan kapanpun. Meskipun aplikasi mobile banking sangat membantu
para nasabah dalam melakukan transaksi, namun masih ada beberapa nasabah
yang belum mempunyai aplikasi mobile banking, ditambah lagi baru-baru ini PT
bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendapatkan serangan siber yang
mengakibatkan layanan perbankannya mengalami gangguan dan berdampak juga
pada aplikasi mobile banking yang mengakibatkan beberapa fitur yang asa error.
Masalah inilah yang menjadi tantangan besar bagi BSI KCP Jember Balung untuk
memasarkan aplikasi mobile banking lebih baik lagi..
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak bank BSI KCP Jember balung pada
aplikasi mobile banking? 2) Apa saja kendala yang dihadapi oleh bank BSI KCP
Jember Balung dalam memasarkan aplikasi mobile banking?
Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah: 1) Untuk mengetahui strategi
pemasaran pada aplikasi mobile banking dalam meningkatkan minat nasabah di
BSI KCP Jember Balung. 2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi
BSI KCP Jember Balung dalam memasarkan aplikasi mobile banking.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif. Penelitian subyek menggunakan tehnik purposive dan
pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumnetasi, dan observasi.
Selanjutnya untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi pemasaran aplikasi mobile
banking dalam menigkatkan minat nasabah di PT Bank Syariah Indonesia (BSI)
KCP Jember Balung dilakukan dengan segmentasi pasar, penerapan target pasar,
penetapan posisi pasar, dan penerapan bauran pemasaran yang meliputi produk
(product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). 2) Kendalakendala yang dihadapi oleh bank BSI KCP Jember Balung ada dua yaitu kendala
eksternal dan kendala internal. Kendala eksternal yaitu seperti keterbatasan gadget
dan beberapa nasabah yang masih gaptek terhadap aplikasi mobile banking.
Sedangkan kendala internal yaitu seperti gangguan sistem yang terjadi dari pihak
bank BSI itu sendiri.
Kata Kunci : Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar, Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: MR GHOFUR EFENDI
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:10
Last Modified: 10 Jul 2024 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35582

Actions (login required)

View Item View Item