Izzah, Nur Laili (2024) Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Al - Hidayah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Jember Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-013-PIAUD-2024)
Nur Laili Izzah_T20195008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Laili Izzah, 2024: Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kememampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Al-Hidayah Jenggawah
Jember.
Kata Kunci : Metode bermain peran, kemampuan bekerja sama.
Salah satu yang dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama ialah bermain peran.
Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Al-Hidayah Jenggawah Jember pada kelompok B menunjukkan bahwa kemampuan bekerja sama masih kurang berkembang secara optimal, oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama.
Fokus penelitian ini : 1) Bagaimana implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Al-Hidayah Jenggawah Jember ? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat menggunakan metode bermain peran untuk metode meningkatkan kemampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Al-Hidayah Jenggawah Jember ?
Tujuan penelitian ini :1) mendeskripsikan tentang implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Al-Hidayah Jenggawah Jember, 2) Menjelaskan Faktor pendukung dan
penghambat penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Al-Hidayah Jenggawah Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan teknik pengumpulan data dalam pengumpulan ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis datayang digunakan kodensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini 1) Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama telah dilaksanakan oleh peneliti melalui 3 tahap : a) persiapan ( menyusun RPP, menyiapkan lembar penilaian, menyiapkan penokohan dan menyiapkan sarana untuk bermain peran ), b) Pelaksanaan ( berdiri dari keiatan pendahuluan, inti dan penutup ), c) Hasil (terdapat kemajuan dalam bermain peran dengan nilai BB 11, MB 23, BSH 57, BSB 44 , siswa berani mengungkapkan pendapatnya, respon siswa terhadap bermain peran baik. Sedangkan guru dapat mengelola kelas dengan baik, menjelaskan materi yang sulit difahami dan memberikan umpan balik diakhir pembelajaran). 2) Faktor prndukung internal : adanya kerja sama yang baik, diri siswa, kinerja guru. Faktor penduung external : lingkungan kondusif, penggunaan media pembelajaran yang sesuai, sarana dan prasana yang memadai. Faktor penghambat internal terletak pada diri siswa, masih ada siswa mengucapkan dialog yang salah, suara siswa kurang jelas saat memainkan peran. Faktor peghambat external waktu yang relatif singkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nur Laili Izzah |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:42 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 07:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35601 |
Actions (login required)
View Item |