Pengembangan modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 pada materi sistem tata surya Kelas VII SMP/ MTs

Zahroh, Mila Nindi Alfiatin (2024) Pengembangan modul praktikum pengenalan benda langit berbantuan aplikasi Star Walk 2 pada materi sistem tata surya Kelas VII SMP/ MTs. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-022-TADRIS-IPA-2024)
SKRIPSI Mila Nindi Alfiatin Zahroh 20210110001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (27MB)

Abstract

Mila Nindi Alfiatin Zahroh, 2024: Pengembangan Modul Praktikum Pengenalan Benda Langit Berbantuan Aplikasi Star Walk 2 Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/ MTs.
Kata Kunci: Pengembangan Modul Praktikum, Pengenalan Benda langit, Star Walk 2.
Penelitian ini mengembangkan sebuah produk bahan ajar berupa modul praktikum yang dapat membantu siswa dalam mengenali benda langit dengan menggunakan bantuan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yaitu aplikasi Star Walk 2. Pengembangan modul ini, dapat menjadi panduan siswa dalam melaksanakan praktikum materi Sistem Tata Surya 2 pada tingkat pendidikan SMP/MTs. Siswa dapat membuktikan teori yang telah dipelajari, dengan mencari posisi benda-benda langit secara real-time melalui pengamatan di malam hari secara outdoor.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan validitas Pengembangan Modul Praktikum Pengenalan Benda Langit Berbantuan Aplikasi Star Walk 2 Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/ MTs, (2) Untuk mendeskripsikan hasil kepraktisan terhadap Pengembangan Modul Praktikum Pengenalan Benda Langit Berbantuan Aplikasi Star Walk 2 Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/ MTs. (3) Untuk mendeskripsikan hasil uji respons siswa terhadap Pengembangan Modul Praktikum Pengenalan Benda Langit Berbantuan Aplikasi Star Walk 2 Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/ MTs.
Recearch and Development (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan model pengembangan PPE yang dikemukakan oleh Richey and Klein (2009). Model PPE memuat tiga tahapan yaitu (1) Planning, (2) Production, (3)Evaluation. Validasi modul praktikum dilakukan oleh tiga dosen sebagai ahli materi, tiga dosen sebagai ahli media, dan satu guru sebagai ahli kepraktisan. Uji respons produk dilakukan dengan uji skala besar terhadap 33 siswa.
Hasil Penelitian ini didapatkan bahwa validasi produk dari ahli materi 1 memperoleh nilai 96,66%, ahli materi 2 memperoleh nilai 89,33%, dan ahli materi 3 memperoleh nilai 94,66%, sehingga menduduki kriteria sangat valid. Hasil validasi produk dari ahli media 1 memperoleh nilai 98%, ahli media 2 memperoleh nilai 88%, dan ahli media 3 memperoleh nilai 98%, sehingga menduduki kriteria sangat valid. Validasi modul praktikum uji kepraktisan memperoleh nilai 93,3% sehingga juga menduduki kriteria sangat valid. Hasil analisis uji respons siswa memperoleh nilai sebesar 84,08% dari uji skala besar. Dari rincian hasil yang dikemukakan, maka modul praktikum pengenalan benda langit ini cocok diterapkan dalam pembelajaran IPA pada jenjang pendidikan SMP/MTs, namun perlu adanya revisi kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Mila Nindi Alfiatin Zahroh
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:40
Last Modified: 09 Jul 2024 00:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35603

Actions (login required)

View Item View Item