Aprina, Eka Anisa (2024) Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Ipa Dalam Dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Mi Al Hidayah Mangli Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (TS-003-PGMI-2024)
TESIS EKA ANISA APRINA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
4
ABSTRAK
Aprina, Eka Anisa, 2024. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada
Pembelajaran IPA dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di
MI Al Hidayah Mangli Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. Erma Fatmawati, M.Pd.I.
Pembimbing II: Dr. Andi Suhardi, S.T., M. Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran IPA, dan Berpikir Kritis.
Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA sangat penting
dimiliki oleh setiap siswa. Dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa,
diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif agar siswa tertarik dan
termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Model Problem Based Learning
merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran
sehingga siswa dapat melatih keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA.
Tujuan dari dari penelitian ini: 1) Menganalisis keterampilan berpikir kritis
siswa dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran
IPA di MI Al Hidayah Mangli Jember. 2) Menganalisis pemahaman siswa pada
pembelajaran IPA dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)
dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis di MI Al Hidayah Mangli Jember, 3)
Menganalisis evaluasi pembelajaran IPA dalam melatih keterampilan berpikir
kritis siswa dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) di MI Al
Hidayah Mangli Jember
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data lapangan
model Miles, Huberman dan Saldana meliputi Kondensasi Data (Data
Condensation), dan Sajian Data (Data Display), Verifikasi Data ( Verifying Data).
Penelitian ini menemukan bahwa: 1) Melatih keterampilan berpikir kritis
siswa terhadap pembelajaran IPA pada materi perubahan wujud zat dapat dilatih
dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan lima tahap.
Pertama yaitu mengorientasi siswa pada masalah. Kedua yaitu mengorganisasi
siswa untuk belajar. Ketiga yaitu membimbing penyelidikan individual maupun
kelompok. Keempat yaitu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Kelima
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) Pemahaman siswa
pada materi pembelajaran IPA dengan Penerapan Model Problem Based Learning
dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis di MI Al Hidayah Mangli Jember
dapat diukur dengan lima indikator. Pertama yaitu menjelaskan kembali Kedua
yaitu menguraikan dengan kata-kata sendiri. Ketiga yaitu merangkum. Keempat
yaitu memberikan contoh. Kelima menyimpulkan. 3) Evaluasi dalam Penerapan
Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA dalam melatih
Keterampilan Berpikir Kritis di MI Al Hidayah Mangli Jember dilaksanakan
dengan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta penilaian diri sendiri
(self-assessment) dan teman sejawat (peer assessment).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | anisa eka anisa aprina anisa |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 03:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35617 |
Actions (login required)
View Item |