Penerapan Model Discovery Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Nilai Dasar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah Assunniyah Lumajang

Sinta Khoiriyah Alfirdaus, Sinta (2024) Penerapan Model Discovery Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Nilai Dasar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah Assunniyah Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SINTA KHOIRIYAH ALFIRDAUS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Materi nilai dasar Pancasila seringkali masih menimbulkan kebingungan pada diri peserta didik, karena adanya kemiripan contoh dan penafsiran dari nilai-nilai pada setiap butir sila Pancasila. Model pembelajaran yang klasikal, jarang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengeksplorasi materi secara lebih jauh dan hanya terpaku pada penjelasan dari guru. Oleh karena itu, guru pendidikan Pancasila kelas V MI Assunniyah menerapkan model discovery learning dalam proses pembelajarannya. Model discovery learning dapat melatih peserta didik untuk aktif menemukan sendiri dan menyelidiki sendiri materi yang akan dibahas, sehingga hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana model Discovery Learning dalam menumbuhkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi nilai dasar Pancasila di MI Assunniyah Lumajang? Dan bagaimana kemampuan berfikir kritis peserta didik melalui Discovery Learning pada materi nilai dasar Pancasila di MI Assunniyah Lumajang?. Sedangkan tujuan penelitian yang akan diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis model Discovery Learning dalam menumbuhkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi nilai dasar Pancasila di MI Assunniyah Lumajang dan menganalisis kemampuan berfikir kritis peserta didik melalui Discovery Learning pada materi nilai dasar Pancasila di MI Assunniyah Lumajang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yakni studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, (data condensation, data display, and data verifiying). Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan member cek.
Hasil penelitian: 1) model discovery learning dalam menumbuhkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada nilai dasar pancasila di MI Assunniyah Lumajang sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Brunner, yaitu: a) Stimulation, peserta didik mengamati video yang berkaitan dengan penerapan nilai dasar Pancasila. b) Problem statement, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan menyampaikan pendapat mereka. c) Data collection, peserta didik mengumpulkan data sebanyak-banyaknya. d) Data Processing, peserta didik secara berkelompok mendiskusikan data yang telah mereka peroleh pada tahap pengumpulan data. e) Verification, peserta didik melakukan presentasi secara berkelompok. f) Generalization, peserta didik menyimpulkan materi. 2) kemampuan berfikir kritis peserta didik tehadap nilai dasar Pancasila secara keseluruhan (interpretation, analysis, evaluation, dan inference) dapat dikategorikan tingkat sedang dan masih butuh perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Nilai-Nilai Dasar Pancasila, Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Sinta Khoiriyah Alfirdaus
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:51
Last Modified: 04 Jul 2024 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35631

Actions (login required)

View Item View Item