Hubungan Self Management Dengan Kemampuan Menghafal Al Quran Peserta didik Kelas XII Di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi

Taufiq, Imam (2024) Hubungan Self Management Dengan Kemampuan Menghafal Al Quran Peserta didik Kelas XII Di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-075-MPI-2024)
SKRIPSI IMAM TAUFIQ T20173083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Taufiq, Imam, 2024 : Hubungan Self Management Dengan Kemampuan Menghafal Al Quran Peserta Didik Kelas XII Di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi.

Kata Kunci : Self Management, Kemampuan Menghafal Al Quran

Self management adalah kemampuan seseorang untuk mengatur emosi dan respons mereka dengan cara yang menjaga keseimbangan dan harmoni internal. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menenangkan diri sendiri, mengurangi kecemasan, dan mengendalikan perubahan suasana hati atau lekas marah, serta kemampuan untuk pulih dari kemunduran emosional.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Self Management peserta didik Kelas XII Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi, 2. Bagaimana Kemampuan Menghafal peserta didik Kelas XII Di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi 3. Adakah Hubungan Self Management dengan kemampuan menghafal al-Quran peserta didik Kelas XII di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui, (1) self management peserta didik kelas XII, (2) kemampuan menghafal Al Quran peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi, dan (3) hubungan self management dengan kemampuan menghafal al Quran peserta didik kelas XII di Madrsah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Tempat penelitian ini di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi. Populasi dalam penelitian berjumlah 30 siswa kelas XII sekaligus menjadi sampel penelitian seluruhnya, teknik sampling dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Untuk mengumpulkan data digunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Uji instrumen data dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. untuk melakukan uji hipotesis digunakan rumus sperman rank.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan secara umum, yaitu ada hubungan self management dengan kemampuan menghafal peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi. Dan secara khusus diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Self management peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi berdasarkan 30 data peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Tahfidz Al Quran Roudlotut Tolibin Banyuwangi menunjukkan sebanyak 6 atau 20,00% peserta didik berada dalam kategori rendah karena memperoleh presentase 13 atau 43,33 % sedang dan 11 atau 36,66% dalam kategori tinggi. Self management peserta didik kelas XII sedang bermakna telah terdapat motivasi, metode, hasil kinerja, dan lingkungan. (2) kemampuan menghafal Al Quran berdasarkan 30 data siswa kelas XII menunjukkan bahwa dalam kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Al Quran akibat dari self management yang baik sehingga kemampuan menghafal Al Quran juga baik. (3) hasil yang diperoleh dari sperman rank rho hitung (0,396) > rho tabel (0,364) maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Imam Taufiq
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:20
Last Modified: 04 Jul 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35636

Actions (login required)

View Item View Item