Pengembangan Media Interaktif berbasis Canva pada Tari Lahbako dalam Materi Pola Lantai Gerak Tari Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah As Shofa Jubung Jember

Amalia, Destia Rahma Putri (2024) Pengembangan Media Interaktif berbasis Canva pada Tari Lahbako dalam Materi Pola Lantai Gerak Tari Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah As Shofa Jubung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-053-PGMI-2024)
Destia Rahma Putri Amalia_201101040018 (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Media interaktif, Tari Lahbako, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya
Media pembelajaran adalah adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas. Pada Kegiatan pembelajaran khususnya di kelas IV MI As Shofa Jubung Jember disini guru cenderung berpacu pada buku lks . Namun disini guru juga pernah menggunakan video tetapi bukan dari hasil karya sendiri. Maka dari itu perlu dikembangkannya media interaktif berbasis canva pada tari lahbako dalam materi pola lantai gerak tari pembelajaran seni budaya dan prakarya, dengan tujuan agar siswa lebih tertarik untuk belajar dan pembelajaran menjadi efisien dan lebih tersampaikan pada peserta didik.
Rumusan masalah dalam skripsi adalah: Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah disusun sebagai berikut: 1) Bagaimana desain pengembangan media Interaktf Berbasis Canva Pada Tari Lahbako? 2) Bagaimana kelayakan media Interaktif Berbasis Canva Pada Tari Lahbako?. Adapun tujuan dalam skripsi adalah: 1) Untuk menghasikan produk yang berupa pengembangan media Interaktif Berbasis Canva Pada Tari Lahbako. 2) Untuk menguji kelayakan media Interaktif Berbasis Canva Pada Tari Lahbako.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Media interaktif berbasis canva berupa tampilan slide dan disertai tombol hyperlink 2) Hasil validasi media interaktif berbasis canva pada tari lahbako mendapatkan hasil ahli materi 85,71 %, Ahli Media 84 %, dan Ahli pembelajaran 97,14 % dengan hasil rata-rata 88,95 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media interaktif pada tari lahbako dalam materi pola lantai gerak tari pembelajaran seni budaya dan prakarya menurut kriteria dan ketentuan sangat layak dan sangat valid, sehingga media tersebut dapat diterapkan atau digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Destia Rahma Putri Amalia
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:25
Last Modified: 04 Jul 2024 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35637

Actions (login required)

View Item View Item