Peran Tengkulak Dalam Meningkatkan Perekonomian Nelayan Tradisional Di Pesisir Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo

Faramytha, Feny (2024) Peran Tengkulak Dalam Meningkatkan Perekonomian Nelayan Tradisional Di Pesisir Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-158-ES-2024)
SKRIPSI FENY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Peran Tengkulak dalam Meningkatkan Perekonomian Nelayan Tradisional di Desa Sumberanyar Banyuputih Situbondo. Tingkat sosial ekonomi yang rendah merupakan ciri umum kehidupan nelayan di mana pun berada. Bahkan jika di bandingkan dengan sector lain masyarakat nelayan dapat di golongkan sebagai lapisan sosial yang paling miskin. kondisi perekonomian yang terjadi pada masyarakat nelayan di Desa Sumberanyar adalah kondisi kehidupan perekonomian masyarakatnya selalu tidak pasti, selain dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, kadang pula tidak, karena pendapatan yang mereka terima tidak seimbang dengan kebutuhan sehari-hari, sebab pendapatan nelayan sangat bergantung pada situasi dan kondisi alam.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana Kondisi perekonomian nelayan di Desa Sumberanyar kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana peran tengkulak dalam meningkatkan perekonomian nelayan tradisional di Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo?
Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui kondisi perekonomian nelayan tradisional di Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. 2) untuk mengetahui peranan tengkulak dalam meningkatkan perekonomian nelayan tradisional di Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) kondisi ekonomi nelayan tradisional dapat di lihat dari pendapatan nelayan, kesejahteraan nelayan dan pola konsumsi nelayan, serta pekerjaan alternatif. Selain itu 2) peranan tengkulak dalam meningkatkan perekonomian nelayan tradisional di desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo yaitu berperan sebagai tengkulak pengumpul, pemasar, pembeli, penghubung serta pemilik modal.
Kata Kunci: Tengkulak, Nelayan, Kondisi Perekonomian Nelayan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Feny Faramytha
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:28
Last Modified: 04 Jul 2024 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35638

Actions (login required)

View Item View Item