Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Di SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2023/2024

Anam, Khoirul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Materi Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Di SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-062-TADRIS-IPS-2024)
KHOIRUL ANAM_204101090003-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 1
Ajung, terdapat penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi yang
digunakan oleh guru IPS. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah model
pembelajaran konvensional dan ekspositori yang berpusat pada penyampaian guru
dan siswa mendengarkan materi, sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam
memahami materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar
siswa. Salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran Snowball
Throwing yang merupakan model pembelajaran dengan melakukan permainan
imajinatif berupa lemparan bola pertanyaan secara bergantian.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS kelas VII materi keragaman sosial budaya masyarakat di SMPN 1 Ajung tahun
Ajaran 2023/2024
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi-exsperimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah Non
Equivalent Group Design yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretest￾posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji
validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji
prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena
berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan
Idependent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Independent Sample T￾test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 nilai tersebut menunjukkan bahwa
nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif
(Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing
terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VII materi keragaman
sosial buadaya masyarakat di SMPN 1 Ajung tahun ajaran 2023/2024
Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Khoirul Anam Khoirul Anam
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:02
Last Modified: 04 Jul 2024 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35639

Actions (login required)

View Item View Item