Pelaksanaan Kontrak Baku Dalam Pembiayaan Mudarabah Menurut Fatwa Dsn-Mui Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Jember Gajahmada

Ma’rifah, Fitrih Lailiyatul (2024) Pelaksanaan Kontrak Baku Dalam Pembiayaan Mudarabah Menurut Fatwa Dsn-Mui Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Jember Gajahmada. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-111-PS-2024)
Skripsi Fitri Lailiyatul watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perjanjian merupakan suatu kegiatan untuk mengikat para pihak dalam melakukan kerjasama. Perjanjian dalam bidang perbankan menjadi problematika karena menggunakan standard contract dalam mengikat kerjasamanya. Standard contract bentuknya tertulis berupa formulir yang isinya telah distandarisasi (dibakukan) terlebih dahulu secara sepihak oleh produsen serta bersifat masal tanpa mempertimbangkan perbedaan kondisi yang dimiliki oleh konsumen. Kontrak ini umumnya membatasi/membebaskan tanggung jawab salah satu pihak (kreditur). Semakin maraknya kontrak baku yang dipergunakan dalam perjanjian tentu menimbulkan pro kontra. Beberapa pakar hukum menolak kehadiran kontrak baku karena dianggap sebagai paksaan. Perjanjian baku dianggap meniadakan keadilan, karena dalam perjanjian baku hanya salah satu pihak yang membuat isi perjanjian, sedangkan pihak lain hanya dapat menerima atau menolak isi perjanjian.
Fokus penelitian di penelitian ini yaitu; 1) bagaimana penerapan kontrak baku pada pembiayaan mudarabah di BSI KCP Jember Gajahmada? 2) bagaimana tinjauan perbankan syariah mengenai kontrak baku pada pembiayaan mudarabah di BSI KCP Jember Gajahmada berdasarkan Fatwa DSN MUI?. Tujuan dalam penelitian ini yakni; 1) untuk mengetahui penerapan kontrak baku pada pembiayaan mudarabah di BSI KCP Jember Gajahmada. 2) untuk mengetahui tinjauan perbankan syariah mengenai kontrak baku pada pembiayaan mudarabah di BSI KCP Jember Gajahmada berdasarkan Fatwa DSN MUI.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian studi kasus (field research), pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obervasi serta dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan prosedur teknik snowball serta keabsahan data penelitian ini akan menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu; 1) penerapan kontrak baku pada pembiayaan mudarabah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajahmada gambaran umumnya melalui tahapan screening, processing, akad pembiayaan serta realisasi pembiayaan; 2) tinjauan perbankan syariah terkait kontrak baku pada pembiayaan mudarabah di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajahmada sudah mencerminkan implementasi yang sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia khususnya Fatwa DSN MUI Nomor 117/DSN-MUI//II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah, Fatwa DSN MUI No: 115/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Mudarabah dan Fatwa DSN MUI No: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mudarabah (Qiradh).
Kontrak Baku, Pembiayaan Mudarabah, Fatwa DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140212 Macroeconomics (incl. Monetary and Fiscal Theory)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Fitrih Lailiyatul Ma’rifah
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:20
Last Modified: 04 Jul 2024 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35655

Actions (login required)

View Item View Item