Mega Tugastika, sary (2021) Pengembangan Handout Berbasis Etnomatematika Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Mega Tugastika Sari_T20177036.pdf Download (22MB) |
Abstract
Mega Tugastika Sari, 2021: Pengembangan Handout Berbasis Etnomatematika Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Kata Kunci: Handout, Etnomatematika, Garis dan Sudut. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh beberapa peserta didik, dikarenakan terdapat banyak simbol dan rumus, sehingga membuat peserta didik memerlukan daya pikir yang kuat. Peserta didik kesulitan untuk memahami materi yang abstrak terutama pada materi garis dan sudut. Untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep materi garis dan sudut dibutuhkan bahan ajar. Bahan Ajar yang digunakan di sekolah hanya menggunakan referensi dari kemendikbud dan penerbit saja. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan handout berbasis etnomatematika Masjid Cheng Hoo Jember pada materi garis dan sudut kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. 2) Untuk mengetahui hasil kelayakan handout berbasis etnomatematika Masjid Cheng Hoo Jember pada materi garis dan sudut kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan pengembangan model ADDIE antara lain: Analysis, Design , Delevopment, Implementation, dan Evaluation. Dengan fokus pengembangan yakni handout berbasis etnomatematika Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember materi garis dan sudut kelas VII, dengan subyek penelitiannya SMP Plus Darus Sholah Jember. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa: 1) Proses pengembangan handout menggunakan model ADDIE, model ini terdiri dari 5 tahapan, antara lain: (1) Analysis (analisis), tahap ini terdiri dari analisis kebutuhan, analisis karakteristik, analisis etnomatematika, analisis materi/isi, dan analisis bahan ajar. (2) Design (perancangan), tahap ini merupakan perancangan desain bahan ajar handout. (3) Delevopment (pengembangan), tahap ini dilakukan penilaian terhadap bahan ajar handout oleh para validasi ahli. (4) Implementation (Implementasi/penerapan), tahap ini dilakukan uji coba respon skala sedang sebanyak 6 peserta didik dan skala besar sebanyak 32 peserta didik, serta respon pendidik. (5) Evaluation (evaluasi), tahap ini dilakukan tes ketuntasan belajar peserta didik berupa uji kompetensi. 2) Seluruh pernyataan pada uji lembar validasi dikatakan valid minimal mendapatkan nilai skor 3 dan hasil penelitian ini dari semua validator mendapatkan nilai skor 3 dan 4. Sedangkan untuk hasil pengkategorian penilaian validasi ahli materi, media, dan bahasa diperoleh kriteria sangat valid dengan mendapatkan presentase 92,64%. Untuk respon peserta didik skala sedang dan skala besar diperoleh kriteria sangat praktis dengan mendapatkan presentase 87,5% dan 89,7%, sedangkan dari respon pendidik diperoleh kriteria sangat praktis dengan mendapatkan presentase 92,5%. Selanjutnya, untuk hasil uji keefektifan diperoleh kriteria sangat efektif dengan mendapatkan presentase peserta didik yang tuntas 90,6%. Dengan demikian, handout telah memenuhi kriteria kelayaka dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:30 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3566 |
Actions (login required)
View Item |