Ragam Kecurangan Pasar Pada Marketplace Shopee

Prasetia, Yuda (2024) Ragam Kecurangan Pasar Pada Marketplace Shopee. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-132-ES-2024)
Skripsi Watermak Yudha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Yuda Prasetia, Dr. H. Roni Subhan, S.Pd., M.Pd. 2024: Ragam Kecurangan Pasar pada Marketplace Shopee.
Kata kunci: Ragam kecurangan pasar, marketplace shopee.
Marketpalace shopee merupakan salahsatu media jualbeli Online yang ada di Indonesia, pengguna Marketplace shopee tersebar di Asia Tenggara dan Taiwan, pelayanan yang menyesuaikan terhadap kultur budaya masyarakat yang ditempati menjadikan shopee sebagai Marketplace paling banyak dikunjungi pada tahun 2023-2024. Namun tindak kecurangan yang sering dilakukan oleh penjual maupun pembeli menjadi permasalahan utama yang ditakuti baik oleh penjual maupun pembeli.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Ragam kecurangan pada marketpalce shopee dan 2) Dampak kecurangan terhadap toko. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengidentifikasi berbagai ragam kecurangan yang ada di marketpace shopee. 2) Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat kecurang terhadap toko di marketpleace Shopee.
Untuk mengindentifikasi semua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif, untuk menganalisis ragam kecurangan pasar pada marketplace shopee. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipatif dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengungkap praktik-praktik kecurangan yang terjadi di marketplace Shopee. Hasil analisis mendalam menunjukkan berbagai modus penipuan yang dilakukan oleh oknum penjual di platform Shopee. Salah satu praktik yang paling sering terjadi adalah produk/barang tidak sesuai deskripsi dan manipulasi rating, di mana penjual dengan sengaja membeli, menciptakan akun palsu untuk memberikan ulasan dan penilaian yang baik pada produk mereka sendiri. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk tersebut. Selain itu, ditemukannya Dampak Kecurangan praktik kecurangan dalam marketplace memiliki dampak signifikan terhadap kepercayaan konsumen terhadap toko yang mana tindakan kecurangan akan mengikis kepercayaan dari konsumen.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Ragam kecurangan pasar yang sering terjadi pada marketplace shopee yakni produk/barang tidak sesuai deskripsi dan manipulasi rating. 2) dampak yang ditimbulkan oleh kecurangan terhadap toko di Shopee meliputi penurunan reputasi, dan kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuda Prasetia
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:48
Last Modified: 10 Jul 2024 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35660

Actions (login required)

View Item View Item