Pengawasan preventif dalam pengelolaan sampah sebagai perwujudan prinsip Good Enviromemtal Governance (Studi Kasus pada pola pengolahan sampah Di Tpst Kabupaten Jember)

Arifin, Samsul (2024) Pengawasan preventif dalam pengelolaan sampah sebagai perwujudan prinsip Good Enviromemtal Governance (Studi Kasus pada pola pengolahan sampah Di Tpst Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-057-HTN-2024)
SKRIPSI_SAMSUL_ARIFIN (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Samsul Arifin, 202: “Pengawasan Preventif Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Perwujudan Prinsip Good Enviromental Governance (Studi Kasus Pada Pola Pengelohan Sampah Di TPST Kabupaten Jember”

Kata Kunci: Pengawasan Preventif, Pengelolaan Sampah, Prinsip Good Enviromental Governance.

Permasalahan lingkungan hidup merupakan suatu keadaan di masyarakat baik lingkup sempit maupun global. Salah satunya tentang sampah, Masalah sampah masih menjadi pembahasan darurat di Kabupaten Jember sehingga membutuhkan perhatian serius dari semua pihak terkait. Perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan dan tidak membakarnya berpotensi mengancam lingkungan, tetapi turut berpeluang merusak kesehatan dan kenyamanan hidup penduduk setempat.
Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana pelaksanaan pengawasan preventif dalam pengelolaan sampah? 2) Bagaimana formulasi kebijakan dinas lingkungan hidup dalam pola pengolahan sampah di TPSP kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan terkait pelaksanaan pengawasan preventif dalam pengelolaan sampah, 2) menjelaskan dan menganalisa formulasi kebijakan dinas lingkungan hidup dalam pola pengolahan sampah di TPSP kabupaten jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan 3 teknik yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pelaksanaan pengawasan dalam pengelolaan sampah dapat dilihat dari beberapa tahapan, diantaranya: tahap penetapan standar, tahap penentuan pengukuran pelaksanaan, tahap pengamatan atau observasi, dan tahap pembandingan dengan struktur standar dan analisa penyimpangan. 2) Pemerintah Daerah terkhusus dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember membuat kebijakan dalam melakukan pengelolaan sampah yang ada di TPST terkait yakni diantaranya. Pertama, Pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pengelolaan sampah secara berkelanjutan, untuk mencegah penumpukan sampah di masa mendatang. Kedua, melakukan koordinasi atau kerjasama dengan masyarakat. Ketiga, Harus melakukan pengelolaan sampah sesuai dengan prosedural yang ada. Keempat, Harus ada inovasi dalam pengelolaan sampah yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Samsul Arifin Saputri
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:33
Last Modified: 17 Jul 2024 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35665

Actions (login required)

View Item View Item