Pengaruh Reputasi dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Digital Banking Pada BRI KC Jember

Hasanah, Mamluk Atun (2024) Pengaruh Reputasi dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Digital Banking Pada BRI KC Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-109-PS-2024)
OK SKRIPSI MAMLU'ATUL HASANAH watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mamluk Atun Hasanah, 2024 : Pengaruh Reputasi dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Digial Banking Pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.

Kata Kunci : Loyalitas Nasabah, Digital Banking, Bank Rakyat Indonesia
Digital banking merupakan layanan perbankan inovatif dan juga sebagai elemen penting dalam perkembangan dan kemajuan dunia perbankan. Dalam era digital seperti sekarang ini diperkirakan penggunaan layanan digital banking akan mengalami kemajuan yang pesat dalam beberapa tahun akan datang. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan banyaknya perubahan inovasi digital banking yang terus menerus dilakukan oleh pihak perbankan untuk dapat bersaing khususnya untuk memperoleh nasabah baru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah Reputasi berpengaruh secara partial terhadap loyalitas nasabah pengguna Digital Banking pada BRI KC Jember? 2) Apakah Nilai Nasabah berpengaruh secara partial terhadap loyalitas nasabah pengguna Digital Banking pada BRI KC Jember? 3) Apakah Reputasi dan Nilai Nasabah berpengaruh secara si,ultan terhadap loyalitas nasabah pengguna Digital Banking pada BRI KC Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah reputasi secara partial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna digital banking pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui apakah nilai nasabah secara partial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna digital banking pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui apakah reputasi dan nilai nasabah secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna digital banking pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan berupa angka dan dianalisis menggunakan statistik. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan melalui teknik simple random sampling sebanyak 100 nasabah dengan populasi nasabah Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Secara parsial, reputasi berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan sebesar 0,001<0,05, dan nilai t hitung 3,434>t tabel 1,985. 2) Secara parsial, nilai nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan sebesar 0,001<0,05, dan nilai t hitung 3,434>t tabel 1,985. 3) Secara simultan, reputasi dan nilai nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai F hitung 46,548 > F tabel 2,70 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: luluk Mamluk Atun Hasanah
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:32
Last Modified: 04 Jul 2024 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35678

Actions (login required)

View Item View Item