Analisis Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kampung Durian Kabupaten Jember (Studi Kasus Desa Pakis Kecamatan Panti)

yusuf, mohammad (2024) Analisis Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kampung Durian Kabupaten Jember (Studi Kasus Desa Pakis Kecamatan Panti). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-160-ES-2024)
Mohammad Yusuf watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Mohammad Yusuf, Nadia Azalia Putri, 2024: Analisis Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kampung Durian Kabupaten jember (Studi Kasus Desa Pakis Kecamatan Panti
Kata Kunci: Potensi ekowisata, Ekowisata
Kampung Durian adalah salah satu destinasi wisata di Jember yang awalnya tempat tersebut merupakan perkebunan durian milik warga. Tempat ini kemudian dikembangkan menjadi lokasi wisata dan diresmikan oleh Perum Perhutani KPH Jember serta Pemkab Jember pada 21 Maret 2019.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kampung Durian Kabupaten Jember? 2) Bagaimana dampak eksistensi wisata kampung durian pada perekonomian masyarakat sekitar?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui potensi ekowisata berbasis masyarakat di Kampung Durian Kabupaten Jember 2) Untuk mengetahui dampak eksistensi wisata kampung durian apakah dapat membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat
Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kampung Durian, yang terletak di Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, metode yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Bagaimana potensi ekowisata berbasis masyarakat di kampung durian kabupaten jember ialah menunjukkan bahwa kawasan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata 2) Adapun dampak eksistensi wisata kampung durian terhadap perekonomian masyarakat ialah mampu memberikan peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MOHAMMAD YUSUF
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:14
Last Modified: 05 Jul 2024 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35686

Actions (login required)

View Item View Item