Distribusi Zakat Produktif di lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah MUHAMMADIYAH (LAZISMU) Kabupaten Bondowoso Tahun 2021-2022

Rosyidi, Fahmi (2024) Distribusi Zakat Produktif di lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah MUHAMMADIYAH (LAZISMU) Kabupaten Bondowoso Tahun 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-026-ZAWA-2024)
Revisi 3 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Pendistribusian merupakan kegiatan untuk memudahkan dan melancarkan penyaluran dana zakat dari muzakki kepada mustahik. Dana-dana yang terkumpul akan di distribusikan dari muzakki kepada mustahik melalui suatu lembaga yang mengelola zakat. Dengan pendistribusian, dana zakat yang sudah terkumpul dapat tersalurkan secara tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan mustahik. Selain itu, dengan adanya pendistribusian yang tepat maka kekayaan yang ada dapat melimpah dan merata dan tidak beredar dalam golongan tertentu saja.
Fokus penelitian ini 1). Bagaimana distribusi zakat produktif di lembaga amil zakat infaq shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Bondowoso tahun 2021-2022? 2). Bagaimana pendayagunaan dan pemanfaatan zakat produktif yang sudah di distribusikan oleh lembaga amil zakat infaq shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Bondowoso tahun 2021-2022?.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui pendistribusian dana zakat produktif di lembaga zakat infaq dan shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Bondowoso tahun 2021- 2022. 2) Untuk mengetahui pendayagunaan dan pemanfaatan zakat produktif yang sudah di distribusikan di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Bondowoso Tahun 2021-2022.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan subjek penelitian 100 orang mustahik sebagai penerima bibit pohon kelengkeng berjenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di Dusun ceper, Kecamatan Botolinggo, Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian bahwa distribusi dana zakat produktif yang dilakukan oleh LAZISMU Bondowoso terhadap para muzakki melalui berbagai tahapan proses yang dimulai dari pengajuan, survei dan pendistribusian serta pengawasan, perihal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk dapat memberikan bantuan yang berdaya guna dan bermanfaat bagi mustahik. Pendayagunaan dan pemanfaatan distribusi dana zakat yang dilakukan oleh LAZISMU Bondowoso yang berupa bibit pohon kelengkeng sangat memberikan dampak positif, berdaya guna dan bermanfaat bagi para mustahik yang dibuktikan dengan adanya peningkatan perekonomian mustahik dengan indikator meningkatnya pendapatan mustahik dan terpenuhinya kebutuhan primer (pangan, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan) dan sekunder (sarana elektronik, komunikasi, transportasi, perabotan rumah tangga dan hiburan).

Kata Kunci: Distribusi, Zakat Produktif, LAZISMU Bondowoso

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr FAHMI ROSYIDI
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:44
Last Modified: 10 Jul 2024 04:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35687

Actions (login required)

View Item View Item