Peran Kepolisian Sektor Kaliwates Kabupaten Jember Dalam Melakukan Upaya Penegakkan Hukum Terhadap Aksi Balap Liar Perspektif Hukum Pidana Positif Dan Hukum Pidana Islam

Ananta, Teddy Pramudya (2024) Peran Kepolisian Sektor Kaliwates Kabupaten Jember Dalam Melakukan Upaya Penegakkan Hukum Terhadap Aksi Balap Liar Perspektif Hukum Pidana Positif Dan Hukum Pidana Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-028-HPI-2024)
watermark SKRIPSI TEDDY P.A S20184086. ACC.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Teddy Pramudya Ananta, 2023: Peran Kepolisian Sektor Kaliwates Kabupaten Jember Dalam Melakukan Upaya Penegakan Hukum Terhadap Aksi Balap Liar Perspektif hukum Pidana Positif Dan Hukum Pidana Islam.

Kata Kunci: Peran Kepolisian, Penegakan Hukum, Aksi balap liar.

Aksi balap liar merupakan kegiatan yang banyak digemari khususnya dikalangan para remaja hingga saat ini. Masa remaja biasanya identik dengan rasa ingin tahu yang tinggi, tidak mengenal adanya batasan, senang melakukan kegiatan yang memacu adrenalin serta melakukan perbuatan yang membuat mereka merasa bebas. Namun kebanyakan yang sering dilakukan merupakan perbuatan yang negatif, sebagai negara hukum tentunya segala perbuatan negatif atau menyimpang senantiasa akan dikenai pula dengan pemberian hukuman.
Begitu juga berkaitan dengan aturan berlalu lintas, Undang–Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah memberikan larangan tentang pergelaran aksi balap liar. Dalam hal ini peran dan upaya kepolisian sangat diperlukan dalam mengatasi suatu perbuatan yang melanggar aturan sesuai tugas dan wewenangnya sebagai pemelihara keamanan, ketertiban, penegakan hukum, serta menjadi pelindung dan pengayom masyarakat yang dimuat dalam Undang–Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Polsek Kaliwates dalam melakukan upaya penegakan hukum terhadap aksi balap liar diwilayah hukumnya? 2) Bagaimana peran Polsek Kaliwates dalam melakukan upaya penegakan hukum terhadap aksi balap liar perspektif hukum pidana positif? 3) Bagaimana peran Polsek Kaliwates dalam melakukan upaya penegakan hukum terhadap aksi balap liar perspektif hukum pidana islam?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris dan menggunakan pendekatan studi kasus dan studi perundang– undangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara lansung dengan para narasumber yang dipilih oleh penulis. Adapun data yang diperoleh selanjutnya dianalisa secara kualitatif dan diuji keabsahannya melalui metode triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Peran Polsek Kaliwates dalam melakukan upaya penegakan hukum terhadap aksi balap liar diwilayahnya dengan menggunakan 2 (dua) upaya, yakni melakukan upaya preventif dan upaya represif. 2) Dalam perspektif hukum pidana positif, peran Polsek Kaliwates dalam melakukan upaya penegakan hukum diwilayah hukumnya masih belum maksimal atau efektif. hal tersebut dikarenakan masih adanya batasan dalam pemberian hukuman yang sesuai dengan aturan khusus berlalu lintas. 3) Dalam hukum pidana islam pelanggaran aksi balap liar dapat dijatuhi hukuman ta’zir yang dimana hukuman tersebut diberikan lansung oleh ulil amri. Ulil amri dalam hal ini dimaksudkan kepada pihak polsek kaliwates sebagai wakil dari pihak polres dalam melakukan penegakan hukum diwilayahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Teddy Pramudya Ananta
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:40
Last Modified: 17 Jul 2024 06:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35693

Actions (login required)

View Item View Item