Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient di SMP Negeri 2 Balung

Alfina, Fitria Tahta (2024) Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient di SMP Negeri 2 Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-029-TADRIS MTK-2024)
SKRIPSI FITRIA TAHTA ALFINA watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Fitria Tahta Alfina, 2024; Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient Di Smp Negeri 2 Balung.

Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Masalah Matematis, Adversity Quotient.

Kemampuan berpikir reflektif merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan membuat kesimpulan yang tepat. Setiap siswa memiliki pemikiran yang berbeda dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah matematis. Kemampuan Berpikir reflektif merupakan berpikir ketika menyelesaikan suatu masalah dengan aktif, giat berusaha secara terus menerus, ulet dan gigih, serta dapat mempertimbangkan secara cermat mengenai segala hal. Kesulitan yang terjadi pada saat menyelesaikan masalah akan muncul penyelesaian-penyelesaian yang terjadi. Kemunculan tersebut dinamakan kecerdasan Adversity Quotient. Adversity Quotient merupakan penilaian kepribadian untuk mengukur bagaimana respon dan daya juang seseorang dalam menghadapi tantangan yang diberikan.
Fokus pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir Reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematis berdasarkan adversity Quotient tipe quitter, camper, dan climber. Dari fokus penelitian ini maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematis berdasarkan adversity Quotient tipe quitter, camper, dan climber.
Jenis penelitian yang digunakan dengan pendeketan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Balung Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 6 subjek siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematis yang memiliki Adversity Quotient tipe quitter hanya mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir reflektif reacting. (2) kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematis yang memiliki Adversity Quotient tipe camper mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif yaitu reacting, comparing dan climber meskipun pada beberapa tahap kurang lengkap. (3) kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematis yang memiliki Adversity Quotient tipe climber mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif yaitu reacting, comparing dan contemplating dengan langkah tepat dan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Fitria Tahta Alfina
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:33
Last Modified: 09 Jul 2024 05:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35697

Actions (login required)

View Item View Item