Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di Smp Plus Darus Sholah

Fadila, Stevanie Alifia (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di Smp Plus Darus Sholah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-033-TADRIS-IPA-2024)
SKRIPSI STEVANI WATERMARK fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci:Pengembangan Bahan Ajar E-Modul, Sistem Pencernaan, Model 4D
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan latar belakang dari permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII E yang menganggap bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru hanya memuat deskripsi saja, sehingga pembelajaran cenderung membosankan, khususnya pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Materi Sistem Pencernaan Manusia merupakan materi yang memerlukan sebuah gambaran yang nyata atau konkrit. Pengembangan bahan ajar e-modul memuat gambar full colour, dilengkapi dengan quiz dan latihan soal, serta tersaji dalam dua bahasa. Melalui penyajian tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, serta memudahkan peserta didik dalam memahami materi Sistem Pencernaan Manusia agar lebih konkrit.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) untuk mengetahui validitas pengembangan e-modul materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di Smp Plus Darus Sholah, (2) untuk mengetahui respon peserta didik terkait e-modul pada materi Sistem Pencernaan Manusia kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D oleh Thiagarajan yang mencakup empat tahapan, yakni define, design, development, dan dissemination. Namun dalam penelitian ini, hanya berfokus sampai pada tahap development. Untuk tahap dissemination tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dari peneliti. Subjek dari penelitian dan pengembangan ini terdiri dari validator ahli dan uji coba siswa. Validator ahli mencakup ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta guru IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen validasi ahli dan angket respons siswa berupa skala likert. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah validasi yang terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan pengguna atau guru yaitu berturut-turut sebesar 95% dengan kategori sangat valid, 92,5% dalam kriteria sangat valid, 95% dengan kriteria sangat valid. Untuk validasi pengguna atau guru yaitu 94%, termasuk kriteria sangat valid. Pada uji respon kepada peserta didik dilakukan dua kali yaitu uji coba skala kecil dan memperoleh penilaian 89,39% dalam kategori sangat menarik. Sedangkan untuk uji coba skala besar memperoleh penilaian 85,05% dengan kategori sangat menarik. Dari penilaian yang telah diperoleh, maka e-modul pada materi Sistem Pencernaan Manusia sangat valid dan sangat menarik apabila diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Miss Stevanie Alifia Fadila
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:43
Last Modified: 05 Jul 2024 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35699

Actions (login required)

View Item View Item