Kontribusi koperasi syariah dalam menumbuhkan jiwa islamic entrepreneurship santri pada pondok pesantren asy-syuja'i di desa rowotamtu kabupaten jember

Hidayat, Ferdi (2024) Kontribusi koperasi syariah dalam menumbuhkan jiwa islamic entrepreneurship santri pada pondok pesantren asy-syuja'i di desa rowotamtu kabupaten jember. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai ahcmad sidiq jember.

[img] Text (SK-155-ES-2024)
SKRIPSI FERDI H.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Oleh karena itu, bangsa ini memiliki potensi yang besar dalam untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai landasan perekonomiannya salah satunya dengan adanya koperasi syariah. Koperasi syariah dalam pondok pesantren Asy-syujai merupakan wadah bagi para santri untuk belajar mengenai islamic entrepreneurship.
Fokus penelitian ini adalah 1).Bagaimana kontribusi koperasi berbasis syariah di pondok pesantren asy-syujai dalam menumbuhkan jiwa islamic entrepreneurship pada santri. 2).Bagaimana tantangan yang dihadapi oleh koperasi berbasis syariah di pondok pesantren asy-syujai dalam menumbuhkan jiwa islamic entrepreneurship pada santri.
Tujuan penelitian ini yaitu 1).Untuk mengetahui kontribusi koperasi berbasis syariah di pondok pesantren asy-syujai dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada santri. 2).Untuk mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi oleh koperasi berbasis syariah di pondok pesantren asy-syujai dalam menumbuhkan jiwa entreprenuership pada santri.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus secara deskriptif. Lokasi penelitian berada di pondok pesantren asy-syuja’i Desa Rowotamtu, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

Kontribusi koperasi berbasis syariah dalam pondok pesantren asy-syuja’i begitu besar dalam mendidik santrinya terutama tentang islamic entrepreneurship. Islamic entrepreneurship merupakan kegiatan usaha yang menjadikan maqoshid syariah sebagai landasan utamanya. 4P (pembinaan, pendidikan, pelatihan, dan pembiasaan) adalah cara koperasi ini memberikan orientasi kepada para santri pondok pesantrenasy-syuja’i tentang islamic entrpreneurship sehingga para santri tidak hanya mendapatkan bekal ilmu mengenai ukhrowi saja, melainkan juga mendapatkan ilmu duniawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Ferdi Hidayat
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:31
Last Modified: 05 Jul 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35716

Actions (login required)

View Item View Item