Implementasi tanda kecakapan khusus Qori dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur'an nggota kstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri Ambulu

Ariezenda, Galang Fatta (2024) Implementasi tanda kecakapan khusus Qori dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur'an nggota kstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-094-PAI-2024)
Skripsi_Galang_WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Galang Fatta Ariezenda, 2024: Implementasi tanda kecakapan khusus qori dalam
mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an anggota esktrakurikuler
pramuka di SMA Negeri Ambulu.
Kata Kunci: Implementasi, Tanda Kecakapan Khusus, Al Qur’an, Pramuka
Terdapat anggota ekstrakurikuler pramuka yang masih enggan mengikuti
kegiatan tanda kecakapan khusus qori dengan alasan tidak minat, takut atau merasa
tidak memiliki kemampuan yang baik dalam membaca Al Qur’an sehingga tidak
ada perkembangan dalam kemampuan membaca Al Qurannya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan tanda kecakapan
khusus qori dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an anggota
ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?; 2)
Bagaimana pelaksanaan tanda kecakapan khusus qori dalam mengembangkan
kemampuan membaca Al Qur’an anggota ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri
Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?; 3) Bagaimana evaluasi tanda kecakapan
khusus qori dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an anggota
ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan
tanda kecakapan khusus qori dalam mengembangkan kemampuan membaca Al
Qur’an anggota ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran
2023/2024; Untuk mendeskripsikan pelaksanaan tanda kecakapan khusus qori
dalam mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an anggota ekstrakurikuler
pramuka di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024; Untuk
mendeskripsikan evaluasi tanda kecakapan khusus qori dalam mengembangkan
kemampuan membaca Al Qur’an anggota ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri
Ambulu tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif, lokasi penelitian di SMA Negeri Ambulu, dengan subyek penelitian
yakni kesiswaan, pembina, penguji dan anggota ekstrakurikuler pramuka. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan pada bagian analisis data memaparkan dalam bentuk kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini
adalah: 1) Pembina ekstrakurikuler menyusun rencana mengajar (RM) sebelum
pelaksanaan; 2) Pembina dapat melibatkan penguji dari luar gerakan pramuka
sebagai pelaksana utama hingga tahap evaluasi; 3) Penguji mencatat pada jurnal
kontrol ujian tanda kecakapan khusus qori untuk meninjau perkembangan anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Galang Fatta Ariezenda
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:48
Last Modified: 08 Jul 2024 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35724

Actions (login required)

View Item View Item