Implementasi Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Tukum Tahun Pelajaran 2023/2024

Cahyati, Nur (2024) Implementasi Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Tukum Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-134-PAI-2024)
Nur Chayati_202101010115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Nur Chayati, 2024: Implementasi Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Tukum Tahun Pelajaran 2023/2024

Kata Kunci: Implementasi model project based learning, mata pelajaran fiqih, hasil belajar

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Tukum, hasil belajar dalam pembelajaran fiqih masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran. Salah satu alternatif menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model Project based learning.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana implementasi model project based learning pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Tukum? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi model project based learning pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Nurul Ittihad Tukum? 3) bagaimana hasil dari implementasi model project based learning pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Nurul Ittihad Tukum. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi model project based learning pada mata pelajaran fiqih, 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat melalui model project based learning pada mata pelajaran fiqih. 3) untuk mendeskripsikan hasil dari implementasi model project based learning pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihad Tukum.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriftif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian, Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model project based learning dilakukan dengan cara membagi kelompok menjadi 4 kelompok. 2) adapun faktor pendukung dari implementasi model project based learning adalah faktor sarana dan prasarana yang tersedia, faktor guru, dan faktor biaya. Sedangkan, Faktor penghambat dari implementasi model project based learning yaitu dari tingkat pemahaman dan penerimaan peserta didik, dan minimnya pemahaman guru dan kurang maksimalnya dalam memanfaatkan fasilitas belajar. 3). Hasil dari implementasi project based learning sangatlah baik dan efektif karena antusiasnya siswa dalam menyelesaikan produk dan memenuhi pada ranah afektif, ranah kognitif, dan ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nur Chayati
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:52
Last Modified: 08 Jul 2024 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35739

Actions (login required)

View Item View Item