Ummah, Hikmah Afidatul (2024) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII MTs Nurut Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-040-TADRIS-IPA-2024)
Hikmah Afidatul Ummah_202101100014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (27MB) |
Abstract
Hikmah Afidatul Ummah, 2024: Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA pada Siswa kelas VIII MTs Nurut-Taqwa Bondowoso.
Kata Kunci: Faktor Kesulitan belajar, Pembelajaran IPA, Siswa.
Ilmu pengetahuan alam memiliki peranan yang cukup penting, sebagai salah satu mata pelajaran yang sudah diajarkan sejak tingkat sekolah dasar ilmu pengetahuan alam (IPA) tidak hanya berisi tentang fakta, konsep, atau prinsip saja namun juga berkaitan dengan penemuan, sehingga dari hal tersebut siswa dapat benar- benar memahami keadaan sekitar termasuk dalam dirinya sendiri. Meskipun ilmu pengetahuan alam (IPA) sudah diajarkan sejak tingkat sekolah dasar, fakta yang terjadi di sekolah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Apa faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa kelas VIII di MTs Nurut Taqwa Grujugan Bondowoso tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Adakah perbedaan kesulitan belajar IPA antara siswa kelas VIII di MTs Nurut Taqwa Grujugan Bondowoso tahun ajaran 2023/2024? 3) Adakah perbedaan hasil belajar IPA antara siswa kelas VIII di MTs Nurut Taqwa Grujugan Bondowoso tahun ajaran 2023/2024? 4) Bagaimana urutan peringkat tersulit pada setiap bab materi IPA siswa kelas VIII di MTs Nurut Taqwa Grujugan Bondowoso tahun ajaran 2023/2024?
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif (Mix Method). Lokasi penelitian di MTs Nurut-Taqwa Bondowoso. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII A dan VIII D yang berjumlah 48 siswa, seorang guru IPA kelas VIII, serta kepala sekolah MTs Nurut Taqwa Bondowoso. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor penyebab kesulitan disebabkan faktor internal (pemahaman konsep IPA, motivasi dan minat siswa, kondisi fisik siswa) faktor eksternal (metode pengajaran, sarana dan prasarana, interaksi guru dan siswa, interaksi sesama siswa, dukungan orang tua, gangguan eksternal lainnya). 2) Siswa tidak memiliki kesulitan yang berbeda, keduanya sama-sama mengalami diskalkulia. 3) Hasil belajar IPA siswa kelas VIII di MTs Nurut Taqwa menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan. 4) Materi tersulit berdasarkan angket adalah usaha dan pesawat sederhana, gerak benda. Sedangkan berdasarkan hasil belajar siswa materi tersulit yaitu sistem peredaran darah, struktur dan fungsi tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Hikmah Afidatul Ummah |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 08:52 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35764 |
Actions (login required)
View Item |