Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Cara Mengatasinya pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Faqih, Mohammad Faisal (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Cara Mengatasinya pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di MAN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-129-PAI-2024)
Mohammad Faisal Faqih_T20191195.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Faisal Faqih, 2024. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Cara Mengatasinya pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Analisis Kesulitan Belajar, Cara mengatasi, Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Kesulitan belajar siswa merupakan suatu gangguan yang dialami siswa pada saat proses belajar yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar secara maksimal. Karena SKI secara garis besar banyak membaca tentang buku-buku sejarah dan sumber literatur yang didalamnya berisi bacaan-bacaan, sehinggga perlunya penguasaan kognitif lebih mendalam. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam disebabkan oleh beberapa faktor, dari permasalahan belajar yang dialami oleh siswa tentunya terdapat cara mengatasi atau solusi agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan efektif.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi? 2) Apa faktor yang menyebabkan analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi? 3) Bagaimana cara mengatasi analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi? Sehingga tujuannya 1) Mendeskripsikan analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi 2) Mendeskripsikan faktor penyebab analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi 3) Mendeskripsikan cara mengatasi analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI di MAN 4 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Kesulitan belajar siswa: jenuh atau bosan, kesulitan menghafal materi, malas dalam belajar, kurang berkonsentrasi. 2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa: a) Faktor Internal (kurangnya minat terhadap mapel SKI, kurangnya motivasi). b) Faktor Eksternal: faktor keluarga, faktor guru mapel SKI, faktor pergaulan antar teman, faktor lingkungan. 3) Cara mengatasinya: membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dengan diselingi candaan dan gurauan, guru memberikan motivasi tambahan, guru menggunakan pembelajaran yang menarik: tanya jawab, menggunakan model pembelajaran cooperative learning, membaca ulang bacaan, merangkum materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Faisal Faqih
Date Deposited: 04 Jul 2024 09:01
Last Modified: 15 Jul 2024 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35770

Actions (login required)

View Item View Item