Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Zat dan Perubahannya Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember

Alamsyah, Angelina (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Zat dan Perubahannya Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-038-TADRIS-IPA-2024)
Angelina Alamsyah_201101100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Angelina Alamsyah, 2024. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Zat dan Perubahannya Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember.
Kata Kunci: Pengembangan Video pembelajaran, Multipel Representasi, Zat dan Perubahannya.
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan latar belakang dari permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Jember yang menganggap materi IPA sulit dipahami, khusunya materi kimia. Siswa belum mampu memahami materi kimia pada ketiga level representasi (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik). Materi zat dan perubahannya merupakan salah satu materi yang kompleks dan terdapat konsep-konsep yang sifatnya abstrak. Melalui visualisasi yang disajikan pada video pembelajaran berbasis multipel representasi diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang sifatnya abstrak agar menjadi lebih konkret. Selain itu juga diharapkan dapat menghadirkan pembelajaran IPA yang lebih bermakna dan menyenangkan, sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ada dua, yaitu untuk mengetahui validitas terkait pengembangan video pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi zat dan perubahannya kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. Tujuan yang kedua yakni untuk mengetahui respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi zat dan perubahannya kelas VII di SMP Negeri 2 Jember.
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengadaptasi dari model 4-D oleh Thiagarajan. Tahap ini meliputi define, design, develop, disseminate. Akan tetapi dikarenakan materi zat dan perubahannya merupakan materi yang telah diajarkan pada semester 1, maka karena keterbatasan waktu dari peneliti, penelitian ini dilakukan sampai tahap disseminate terbatas. Tahap disseminate terbatas meliputi uji respon yang dilakukan pada skala kecil dan skala besar.
Hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai dengan persentase 89, 09% dengan kategori yang sangat valid. Dari ahli media 98,18% dan tergolong sangat valid. Untuk validasi dari guru sebagai pengguna 96,25% dan termasuk kategori sangat valid. Hasil uji respon dilakukan dalam skala kecil dan skala besar. Pada skala kecil mendapatkan nilai 88,41% dan termasuk kategori sangat menarik. Sedangkan pada pelaksanaa uji respon skala besar memperoleh penilaian 98,18% dan tergolong sangat menarik. Menurut hasil penilaian yang diperoleh, maka video pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi zat dan perubahannya sangat valid dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030302 Nanochemistry and Supramolecular Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Angelina Alamsyah
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:50
Last Modified: 04 Jul 2024 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35783

Actions (login required)

View Item View Item