Pelaksanaan Pembelajaran Akhlak menggunakan Kitab Hidayatul Muta‟allim pada Santri Putri Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Tahun 2023/2024

Salsabila, Agustina Septiani (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Akhlak menggunakan Kitab Hidayatul Muta‟allim pada Santri Putri Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-136-PAI-2024)
AGUSTINA SEPTIANI SALSABILA 205101010001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pondok pesantren adalah salah satu institusi pendidikan Islam tertua di Indonesia, berperan penting dalam membentuk karakter dan akhlak santri. Pembelajaran akhlak di pondok pesantren bertujuan tidak hanya untuk mengajarkan pengetahuan agama, tetapi juga untuk membangun kepribadian yang berakhlak mulia sesuai ajaran Islam. Kemerosotan moral bangsa Indonesia telah mencapai tingkat yang memprihatinkan, terutama disebabkan oleh kurangnya pendidikan akhlak bagi anak-anak. Oleh karena itu, suatu hal yang sangat mendesak untuk mencari solusi efektif guna menangani masalah moral. Kitab Hidayatul Muta‟allim hadir di tengah arus globalisasi dan modernisasi yang sering membawa dampak negatif terhadap moral generasi muda, peran pondok pesantren menjadi semakin penting dalam menjaga dan mengembangkan nilai-nilai akhlak. Kitab ini diharapkan menjadi solusi yang efektif dalam membantu mengatasi sebagian masalah kemerosotan moral bangsa.
Fokus pada penelitian ini sebagai 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran akhlak menggunakan Kitab Hidayatul Muta‟allim pada Santri Putri Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Tahun 2023/2024. dan 2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembelajaran akhlak menggunakan Kitab Hidayatul Muta‟allim pada Santri Putri Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Tahun 2023/2024. Dengan metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan semua informan inti.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran akhlak menggunakan Kitab Hidayatul Muta‟allim pada Santri Putri Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Tahun 2023/2024. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembelajaran akhlak menggunakan Kitab Hidayatul Muta‟allim pada Santri Putri Pondok Pesantren Darul Falah Jepara Tahun 2023/2024.
Hasil penelitian menunjukkan 1). Kitab Hidayatul Muta'allim, menjadi referensi utama dalam pembelajaran akhlak di pondok pesantren. Kitab ini memberikan panduan tentang perilaku dan etika yang harus dijalani seorang muslim, Proses pelaksanaan pembelajaran akhlak melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi berkelanjutan. Metode Bandongan dan kegiatan yang mencakup pendahuluan, inti, dan penutup, serta evaluasi yang sistematis, berkontribusi dalam membentuk akhlak santri yang sesuai dengan ajaran Islam dan meningkatkan semangat santri dalam menuntut ilmu. 2). Faktor pendukung dalam pembelajaran adanya komitmen serta penguasaan materi pada diri ustadzah, metode pembelajaran yang efektif, lingkungan yang kondusif, dan evaluasi yang menyeluruh. Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan waktu pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana, dan kendala motivasi santri yang perlu diatasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Kata Kunci : Pembelajaran Akhlak, Kitab Hidayatul Muta'allim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Agustina Septiani Salsabila
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:40
Last Modified: 05 Jul 2024 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35793

Actions (login required)

View Item View Item