Upaya Guru IPS dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024

Zulfiana, Ella Nur Afifah (2024) Upaya Guru IPS dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ella Nur Afifah_202101090049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Ella Nur Afifah Zulfiana, 2024: Upaya Guru IPS dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Upaya guru IPS, karakter, siswa
Konteks penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis moral atau budi pekerti yang melanda bangsa ini telah semakin jauh dari nilai-nilai luhur bangsa sehingga diperlukannya pembentukan karakter. Adanya pembentukan karakter, bertujuan untuk membangun individu memiliki budi pekerti yang baik, bermoral, dan memiliki akhlak yang mulia. Pada pembentukan karakter di sekolah, perlu upaya guru untuk mendidik dan mengarahkan siswa khususnya pada guru IPS.
Fokus dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu? (2) Bagaimana upaya guru IPS dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu? (3) Bagaimana upaya guru IPS dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu (2) Mendeskripsikan upaya guru IPS dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu (3) Mendeskripsikan upaya guru IPS dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa kelas VII K di SMP Negeri 1 Ambulu
Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil Penelitian: (1) upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VII K adalah dengan memberi motivasi dan contoh terkait karakter disiplin agar contoh tersebut dapat di tiru oleh siswa (2) upaya guru IPS dalam membentuk karakter tanggung jawab adalah dengan memberi motivasi dan memberi latihan tanggung jawab pada diri masing-masing siswa. (3) upaya guru IPS dalam membentuk karakter peduli lingkungan melalui mengaitkan materi pelajaran IPS dengan karakter peduli lingkungan dan memberi latihan-latihan sikap peduli lingkungan kepada siswa sebagai upaya mencegah kerusakan lingkungan dan menjaga lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ella Nur Afifah Zulfiana
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:27
Last Modified: 05 Jul 2024 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35795

Actions (login required)

View Item View Item