Efektivitas Media Pembelajaran Educandy dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Musholliyatin, Musholliyatin (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Educandy dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musholliyatin 204101010085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang kurang maksimal dikarenakan minat belajar yang kurang. Media pembelajaran merupakan perantara yang dapat menyampaikan materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret. Salah satu media pembelajaran yang dapat melengkapi kekurangan media pembelajaran sebelumnya adalah media pembelajaran educandy.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas media pembelajaran educandy dalam meningkatkan minat belajar fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran educandy dalam meningkatkan minat belajar fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui efektivitas media pembelajaran educandy dalam meningkatkan minat belajar fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran educandy dalam meningkatkan minat belajar fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Design yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung tahun ajaran 2023/2024, dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi, wawancara, angket respon siswa, dan dokumentasi.
Dari hasil analisis diperoleh temuan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji wiloxon pada IBM SPSS 25 didapatkan bahwa analisis dengan angka signifikasi 0,05 diperoleh asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti H0 ditolak sehingga Ha diterima. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa, media pembelajaran educandy yang diujicobakan efektif terhadap minat belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Ajung Jember. 2) Hasil perhitungan menggunakan rumus presentase yaitu membagi skor aktual dengan ideal yang kemudian dikalikan dengan 100, diperoleh rata-rata skor tanggapan siswa adalah 75,90, dimana berdasarkan tolak ukur kategori presentase respon siswa ada pada kategori baik.
Kata kunci: Media Pembelajaran Educandy, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Musholliyatin Musholliyatin
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:34
Last Modified: 05 Jul 2024 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35798

Actions (login required)

View Item View Item