Pengaruh metode talking stick terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di madrasah ibtidaiyah fathus salafi Ajung Jember tahun pelajaran 2023/2024

Rofiah, Ilma Alfiatur (2024) Pengaruh metode talking stick terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di madrasah ibtidaiyah fathus salafi Ajung Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-056-PGMI-2024)
ILMA LENGKAP_WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilma Alfiatur Rofiah, 2024: Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Fathus Salafi Ajung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Metode Talking Stick, Motivasi Belajar
Latar belakang dalam penelitian ini adalah Metode Talking Stick dijadikan sebagai metode pembelajaran terpilih yang bertujuan untuk membantu mengatasi rendahnya memotivasi belajar, yang menjadikan beberapa siswa kurang tertarik untuk menimak materi yang disampaikan oleh guru, karena tanpa adanya motivasi belajar, peserta didik akan mengalami kesulitan dalam belajar sehingga keberhasilan dalam belajar sedikit terganggu dan tidak terapai. sehingga peneliti menginginkan siswa termotivasi dalam belajar menggunakan metode talking stick pada pembelajaran tematik di kelas V. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah Apakah metode talking stick berpengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di MI Fathus Salafi Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode talking stick terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di MI Fathus Salafi Ajung Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design, dengan desain penelitian adalah One-Shot Case Study. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Angket metode talking stick dan motivasi belajar diukur menggunakan skala liker. Penelitian menggunakan statistik parametrik. Berikut uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas, homogenitas, heteroskedastisitas, dan uji multikolonieritas. Selanjutnya setelah dilakukan uji prasyarat bisa dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yaitu uji parsial (t).
Temuan dalam penelitian ini adalah hasil ini diperoleh dari uji-t pada kelas eksperimen (yang diberikan perlakuan/treatment) diperoleh perhitungan sebesar T_(hitung ) =5,373> T_tabel 0,482 dengan probability sebesar 0,000<0,05. Dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar pada siswa, sehingga mereka terlihat sangat enjoy (bebas tanpa tekanan). Peserta didik bisa belajar sambil bermain, juga terlihat begitu lebih antusias, serta fokus terhadap pembelajaran. Dengan adanya metode talking stick siswa tidak merasa jenuh bahkan ngantuk yang membuat konsentrasi belajar siswa berkurang dalam belajar. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode talking stick terhadap motivasi belajar setelah diberi perlakuan/treatment.

Kata Kunci: Metode Talking Stick, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Uncontrolled Keywords: metode talking stick, motivasi belajar dan pembelajaran tematik
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210204 Museum Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Ilma alfiatur rofiah
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:22
Last Modified: 30 Jul 2024 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35808

Actions (login required)

View Item View Item