Ambarwati, Laily (2024) Penerapan Scaffolding Pada Kesalahan Konstruksi Konsep Bangun Datar Berbasis Etnomatematika. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK-051-TADRIS-MTK-2024)
Laily Ambarwati_202101070006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kesalahan dalam pembentukan konsep matematika sering dilakukan oleh siswa. Diperlukan bantuan berupa scaffolding untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam mengkonstruksi konsep bangun datar dengan pemberian scaffolding. Subjek penelitian yaitu empat siswa kelas VII salah satu SMP di Jembe, yang dipilih dengan
teknik purposive sampling. Subjek tersebut mempunyai kriteria melakukan banyak kesalahan dan memiliki keterampilan komunikasi lisan yang baik. Instrumen penelitian berbentuk soal tes. Teknis analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan scaffolding conceptual development sesuai untuk mengatasi kesalahan konstruksi konsep pada indikator pseudo contruction "Benar" pseudo contruction “Salah”. Scaffolding explaning tepat untuk indikator lubang konstruksi dan Mis-analogical Construction, sedangkan scaffolding reviewing tepat untuk indikator mis-logical contruction. Hasil pemberian
scaffolding tersebut menunjukkan bahwa penerapan scaffolding yang sesuai dapat memperbaiki kesalahan kontruksi konsep yang dilakukaan oleh peserta didik.
Kata Kunci: Kesalahan Kontruksi Konsep; Bangun Datar Berbasis Etnomatematika;Scaffolding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Laily Ambarwati |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:33 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35811 |
Actions (login required)
View Item |