Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengecap Menggunakan Pelepah Pisang Di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember

Suci, Dini Wulan (2024) Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengecap Menggunakan Pelepah Pisang Di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-020-PIAUD-2024)
Sidang Skripsi (Dini Wulan Suci_201101050012).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil. Salah satu kegiatan dalam meningkatkan motorik halus adalah melalui kegiatan mengecap. Di RA Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember, kegiatan mengecap dilakukan dengan memanfaatkan bahan alam yaitu pelepah daun pisang.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang pada kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan mengecap menggunakan pelepah pisang pada kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?. Tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mendeskripsikan peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang pada kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Kedua, Mendeskripsikan pelaksanaan mengecap menggunakan pelepah pisang pada kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan Kesimpulan. Serta Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian didapatkan peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mengecap Menggunakan Pelepah Pisang Pada Kelompok A di RA Al-Hidayah Balungkulon Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 meningkat yang dibuktikan dengan hasil penelitian dari 13 peserta didik sebelum menelitian mencapai hasil BSB sebanyak 1 anak, BSH sebanyak 4 anak, pada kategori MB sebanyak 5 anak, dan pada kategori BB sebanyak 3 anak. Setelah melalui kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang didapatkan hasil BSB sebanyak 8 anak, BSH sebanyak 2 anak, MB sebanyak 3 anak, dan BB tidak ada anak yang memperoleh kategori tersebut. Sedangkan untuk terlaksananya kegiatan mengecap ini guru di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hidayah melakukan beberapa cara yakni sebagai berikut: (a) Guru menyampaikan tema, (b) Guru mengenalkan alat dan bahan pelepah pisang, (c) Guru membuat formasi lingkaran, (d) Guru memberi arahan dan cara untuk kegiatan mengecap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dini Wulan Suci
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:27
Last Modified: 08 Jul 2024 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item View Item