Optimalisasi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah Melalui Layanan Jemput Dalam Mewujudkan Good Amil Governance Di Lembaga Amil Zakat Daerah RIZKI Jember

Hasanah, Uswatun (2024) Optimalisasi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq dan Sedekah Melalui Layanan Jemput Dalam Mewujudkan Good Amil Governance Di Lembaga Amil Zakat Daerah RIZKI Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-030-MZAWA-2024)
SKRIPSI USWAH FIKSSS(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK

Uswatun Hasanah, Ayyu Ainin Mustafidah, M.E, 2024 : Optimalisasi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) Melalui Layanan Jemput Dalam Mewujudkan Good Amil Governance (GAG) di LAZDA RIZKI Jember.

Kata kunci : Penghimpunan Dana ZIS, Layanan Jemput, Good Amil Governance, LAZDA RIZKI Jember

Penghimpuan dana yang di lakukan oleh lembaga melalui layanan jemput sangat membantu donatur untuk melakukan transaksinya seperti zakat, infaq, dan sedekah tanpa perlu mendatangi kantor dan kesulitan untuk transfer.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq, Dan Sedekah (ZIS) Melalui Layanan Jemput Di LAZDA RIZKI Jember?. 2). Bagaimana optimalisasi Penghimpunan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) melalui layanan jemput dalam Mewujudkan Good Amil Governance dan fakor-faktor apa yang mewujudkan Good Amil Governance Di LAZDA RIZKI Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui implementasi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq, Dan Sedekah (ZIS) Melalui Layanan Jemput Di LAZDA RIZKI Jember. 2). Untuk mengetahui optimalisasi Penghimpunan Layanan Jemput Dapat Mewujudkan Good Amil Governance dan mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat mewujudkan Good Amil Governance Di LAZDA RIZKI Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Dalam pelaksanaan layanan jemput terdapat enam mekanisme penjemputan yaitu: pertama pembuatan jadwal disaat pertama kali donatur melakukan layanan jemput, kedua konfirmasi yag dilakukan oleh lembaga sebelum melakukan penjemputan, ketiga penjemputan donasi yang dilakukan oleh staff yang bertugas, keempat pemberian kwitansi sebagai tanda terima donasi, kelima pembacaan do’a yang dipimpin oleh staff penjemputan, terakhir pemberian notifikasi melalui lembaga bahwasnnya donasi sudah masuk ke kantor. 2). terdapat beberapa faktor yang menjadikan layanan jemput lebih optimal dalam melakukan penghimpunan. Pertama donatur lebih mudah dalam melakukan transaksinya. Kedua pengambilan tepat waktu. Ketiga donatur merasa puas atas sikap dan perlakuan staff pengambilan. Keempat donatur merasa sudah tidak ada perlu peningkatan dari staff pengambilan. Kelima terdapat beberapa hal yang menjadikan donatur lebih memilih melakukan transaksinya di LAZDA RIZKI yaitu, dido’akan setelah melakukan transaksi dan selalu bekerja sama dalam hal penyaluran dana donasi seperti santunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Uswatun Hasanah
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:48
Last Modified: 19 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35824

Actions (login required)

View Item View Item