Hubungan Pengalaman Pembelajaran Microteaching dan Program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi Angkatan 2020 UIN KHAS Jember

Adila, Angela Zahra (2024) Hubungan Pengalaman Pembelajaran Microteaching dan Program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi Angkatan 2020 UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANGELA ZAHRA ADILA SKRIPSI DIGILIB.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (40MB)

Abstract

Kata Kunci : Microteaching, PLP, Keterampilan Dasar Mengajar, Mahasiswa Tadris Biologi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman pembelajaran microteaching yang merupakan mata kuliah wajib dan dalam kegiatan pembelajarannya untuk melatih mahasiswa dalam keterampilan dasar mengajar. PLP merupakan mata kuliah lanjutan dari microteaching. Adanya pengalaman pembelajaran microteaching dan program PLP yang dapat membantu mahasiswa dalam melatih keterampilan dasar mengajar yang nanti nya dapat melaksanakan tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Adakah hubungan antara pengalaman pembelajaran microteaching terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi Angkatan 2020 UIN KHAS Jember ? 2. Adakah hubungan antara program PLP terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi angkatan 2020 UIN KHAS Jember ? 3. Adakah hubungan antara pengalaman pembelajaran microteaching dan program PLP terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi angkatan 2020 UIN KHAS Jember ?
Penelitian ini dilakukan di UIN KHAS Jember dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah populasi meliputi mahasiswa kelas Tadris Biologi UIN KHAS Jember. Jumlah dalam penelitian ini sebanyak 33 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan bantuan SPSS versi 27.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman pembelajaran microteaching terhadap keterampilan dasar mengajar. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis uji t variabel pengalaman pembelajaran microteaching yang diperoleh thitung = 2,987 lebih besar dari ttabel = 2,042 dan nilai Sig. adalah 0,005 < 0,05. 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara program PLP terhadap keterampilan dasar mengajar. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis uji t variabel program PLP yang diperoleh thitung = 3,758 lebih besar dari ttabel = 2,042 dan nilai Sig. adalah 0,002 < 0,05. 3. Pengalaman pembelajaran microteaching dan program PLP mahasiswa S1 Program Studi Tadris Biologi angkatan 2020 UIN KHAS Jember mempunyai hubungan yang signifikan terhadap keterampilan dasar mengajar. Terbukti dengan hasil pengujian hipotesis uji F yang diperoleh dengan F hitung = 11,997 lebih besar dari F tabel sebesar = 3,32 dan nilai Sig. adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Angela Zahra Adila
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:53
Last Modified: 05 Jul 2024 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35827

Actions (login required)

View Item View Item