Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Jenggawah

Fariha, Maulida Hikmatul (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-138-PAI-2024)
MAULIDA HIKMATUL FARIHA 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keberagaman individu adalah sebuah fenomena yang sudah pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa, kesempatan anak untuk memperoleeh hak pendidikan ini diwadahi dalam pendidikan inklusif, pendidikan dengan paradigma mengakomodasi keberagaman siswa/peserta didik.
Fokus penelitian yang dirumuskan pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah. 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah. 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk menganalisa dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah. 2. Untuk menganalisa dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah. 3. Untuk menganalisa dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Dalam memilih subjek, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian adalah : 1. Peereencanaan peembeelajaran deengan peendeekatan beerdifeereensiasi pada mata peelajaran Peendidikan Agama Islam di SMP Neegeeri 1 Jeenggawah dimulai dengan pembuatan modul ajar. 2. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah, guru menjalankan praktik pembelajaran sesuai dengan isi modul, dengan melakukan pengelompokkan sesuai dengan gaya belajarnya, sementara dalam penggunaan metode mengajar, guru menerapkan kolaborasi metode seperti ceramah dan diskusi untuk membuat peserta didik aktif sebagai pusat pembelajaran. 3. Dalam melaksanakan evaluasi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Jenggawah, guru tidak menyamakan nilai peserta didik, melainkan menilai sesuai dengan minat belajar masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulida Hikmatul fariha
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:20
Last Modified: 05 Jul 2024 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35833

Actions (login required)

View Item View Item