Analisis Pengembangan Home Industry Bolu Klemben Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Banyuanyar Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi

Sa'adah, Silviah Riyyas (2024) Analisis Pengembangan Home Industry Bolu Klemben Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Banyuanyar Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-139-ES-2024)
Silviah Riyyas_201105020016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Silviah Riyyas Sa’adah, 2024. “Analisis Pengembangan Home Industry Bolu Klemben Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Di Desa Banyuanyar Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi”
Kata kunci: strategi pengembangan, home industry, pendapatan keluarga.
Home industry sebagai bentuk kegiatan dalam usaha dan sebagai bentuk ekonomi rakyat yang mempunyai potensi untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan. Seperti pelaku home industry bolu klemben di desa Banyuanyar yang masih mempertahankan penggunaan cara dan alat tradisional dalam proses produksinya, berbeda dengan produsen di desa lain yang telah beralih ke cara dan alat modern. Meskipun demikian, penjualan produk mereka cukup tinggi. Selain itu Persaingan di antara pelaku usaha bolu klemben telah memunculkan strategi pengembangan produk dan upaya yang harus dilakukan oleh para pelaku home industry untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengembangan home industry bolu klemben yang efektif untuk meningkatkan pendapatan keluarga. (2) Apa saja upaya untuk meningkatkan pendapatan home industry bolu klemben?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pengembangan home industry bolu klemben yang efektif untuk meningkatkan pendapatan keluarga. (2) Untuk mengetahui upaya untuk meningkatkan pendapatan home industry bolu klemben.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data menggunakan teknik tringulasi sumber.
Hasil penelitian: (1).Strategi pengembangan yang difokuskan pada peningkatan kualitas produk, konsistensi, penggunaan teknologi, dan diferensiasi melalui kemasan telah memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Melalui usaha ini, para pelaku usaha tidak hanya berhasil meningkatkan pendapatan mereka sendiri, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi lokal. (2).Dalam mengatasi tantangan, mereka telah menerapkan strategi inovatif seperti penambahan varian rasa produk dan penciptaan kemasan yang menarik untuk menarik minat konsumen baru serta mempertahankan pelanggan lama. Penggunaan brand yang khas juga membantu membedakan produk mereka di pasar. Selain itu, kesadaran akan risiko dan kesiapan untuk menghadapinya menjadi aspek penting dalam menjalankan usaha mereka. Dengan demikian, melalui strategi-strategi ini, para pelaku usaha berhasil mengatasi kendala-kendala dan meningkatkan kinerja serta pendapatan usaha mereka di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Silviah Riyyas Sa'adah
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:01
Last Modified: 05 Jul 2024 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35838

Actions (login required)

View Item View Item