Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Panti Jember

Putri, Dwi Karunia (2024) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
revisian dwi (3) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dwi Karunia Putri, 2024. Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kesejahteraan guru di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember.
Kata kunci : Peran kepemimpinan kepala madrasah, gaya kepemimpinan kepala madrasah.
Kepemimpinan merupakan seni atau proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi. Peran kepemimpinan kepala madrasah sangat penting dalam lembaga pendidikan, karena dengan kepala madrasah menjalankan perannya sebagai leader di lembaga pendidikan akan mendorong para guru untuk meningkatkan kinerja yang baik dan profesional sehingga akan berdampak sejahtera terhadap semua pihak yang terlibat.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah daam peningkatan kesejahteraan guru di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember?, 2) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kesejahteraan guru di MTs. Bustanul Ulum Panti Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kesejahteraaan guru di MTs Bustanul Ulum panti jember, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kesejahteraaan guru di MTs Bustanul Ulum panti jember.
Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian lapangan (field research). Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan kesejahteraan guru meliputi: 1) seorang kepala madrasah harus bisa dan melakukan perannya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator terhadap guru. 2) dalam penerapan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah harus melibatkan guru dan karyawan dalam membuat keputusan, agar antara guru dan kepala madrasah saling menerima dan melakukan segala aktivitas lembaga dengan ikhlas dan menjadi sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd. Dwi Karunia Putri
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:11
Last Modified: 05 Jul 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35849

Actions (login required)

View Item View Item