Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Terintegrasi Keislaman Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Curahputih Jember

Iswahyuono, Akbar Alifian (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Terintegrasi Keislaman Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Curahputih Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (TS-007-PGMI-2024)
B5 PRINT 02 JULI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (36MB)

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan yang harus diajarkan kepada peserta
didik karena berperan penting dalam perkembangan sains dan teknologi serta
membawa pengaruh terhadap disiplin ilmu yang lain. Pemilihan media
pembelajaran yang tepat dengan materi ajar dapat membuat siswa lebih mampu
memahami materi yang sedang dipelajari. Pengembangan media pembelajaran
dewasa ini banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,
salah satunya dengan menggunakan Powerpoint interaktif
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kevalidan media
pembelajaran Powerpoint interaktif materi keliling dan luas bangun datar
terintegrasi keislaman untuk siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum
Curahputih. (2) Menganalisis kepraktisan media pembelajaran Powerpoint
interaktif materi keliling dan luas bangun datar terintegrasi keislaman untuk siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Curahputih. (3) Menganalisis
keefektifan media pembelajaran Powerpoint interaktif materi keliling dan luas
bangun datar terintegrasi keislaman untuk siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Mamba’ul Ulum Curahputih.
Penelitian ini tergolong dalam metode penelitian dan pengembangan atau
umum disebut R&D (Research and Development). Model pengembangan yang
digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah 4D (four-D) yang
dimodifikasi menjadi 3DE. Adapaun instrumen penelitian yang digunakan terdiri
dari angket validasi media pembelajaran, pedoman wawancara, Lembar observasi,
pedoman dokumentasi. Pada analisis data terdapat tiga analisis yaitu, (1) Analisis
data kevalidan (2) Analisis data respon siswa. (3) analisis keefektifan produk
melalui pretest dan posttest.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa, (1) Hasil uji
validasi materi 93%, validasi media 92%, validasi bahasa 89% dengan demikian
media pembelajaran di kriteriakan sangat valid. (2) Presentse rata-rata kepraktisan
dari kelompok kecil sebesar 84% dikategorikan “sangat praktis”, sedangkan
kelompok besar sebesar 87% yang di kategorikan “sangat praktis”, dan guru sebesar
94% yang dikategorikan “sangat praktis”. (3) Keefektifan diperoleh dari dari uji
Wilcoxon dengan Sig. 0,001 dimana <0,05 yang dikatakan ada perbedaan,
sedangkan uji N-Gain diperoleh skor 0,7 artinya “sedang”. Maka dapat disimpulkan
media pembelajaran Powerpoint interaktif materi keliling dan luas bangun datar
terintegrasi keislaman untuk kelas V Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum
Curahputih Kabupaten Jember valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd Akbar Alifian Iswahyuono Iswahyuono
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:15
Last Modified: 08 Jul 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35868

Actions (login required)

View Item View Item