Implementasi Ekstrakurikuler Rohani Islam Untuk Mengembangkan Kemampuan Public Speking Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Millah, Izzatul (2024) Implementasi Ekstrakurikuler Rohani Islam Untuk Mengembangkan Kemampuan Public Speking Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-150-PAI-2024)
Izzatul Millah_201101010049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

ta kunci: ekstrakurikuler rohani islam, Public speaking
Menghadapi pesatnya perkembangan zaman, kemampuan public speaking menjadi sebuah keharusan. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Masih remaja yang memiliki pengetahuan agama yang luas namun tidak berani untuk menyampaikan di depan umum, hal itu dikarenakan karena merasa tidak percaya diri, takut salah, dan merasa cemas. Oleh karena itu dibutuhkan wadah untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan ekstrakurikuler rohani islam. Pembinaaan dar sejak dini akan membuahkan hasil yang maksimal. ekstrakurikuler rohani islam mengajarkan bagaimana penyampaian pesan-pesan agama dengan baik di depan umum. Hal itu menjadi perhatian yang menarik bagi peneliti untuk diteliti
Penulis menyusun fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember 2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember 3) Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember.
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) perencanaan ekstrakulikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan public spaking siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember, 2) pelaksanaan ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. 3) evaluasi ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini bahwa 1) perencanaan ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember meliputi menentukan bentuk kegiatan, menentukan tujuan kegiatan, menentukan waktu pelaksanaan, menentukan pembina, menentukan materi dan mensosialisasikan kepada siswa, 2) pelaksanan ekstrakulikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan public speaking siswa dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di dalam ekstrakurikuler rohani islam tersebut yaitu dengan kegiatan pembinaan praktik khitobah, pembinaan praktik pembawa acara, pembinaan praktik pemimpin do’a, pembinaan praktik pembaca ayat suci Al-Qur’an 3) evaluasi ekstrakurikuler rohani islam untuk mengembangkan kemampuan Public speaking pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember meliputi penilaian praktik dan evalusi program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Izzatul Millah
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:15
Last Modified: 15 Jul 2024 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35881

Actions (login required)

View Item View Item