Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Indisipliner Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

Hamidah, Nurdian (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Indisipliner Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-152-PAI-2024)
Nurdian Hamidah_202101010097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurdian Hamidah, 2024: “Peran Guru Akidah Akhlak dalam mencegah Perilaku Indisipliner Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun pelajaran 2023/2024”
Kata Kunci: Peran, Guru Akidah Akhlak, Perilaku Indisipliner
Perilaku peserta didik yang melanggar peraturan atau tata tertib disebut juga perilaku indisipliner. Perilaku indisipliner ini terjadi di semua lembaga pendidikan, tidak lain juga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso. Adapun perilaku indisipliner yang dilakukan siswa yaitu berpacaran, datang terlambat ke Madrasah, meninggalkan jam pembelajaran, tidak rapi dalam menggunakan seragam, tidak membawa alat tulis dan buku LKS yang tidak sesuai dengan jadwal. Dalam hal ini guru berperan penting dalam mencegah perilaku indisipliner siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul Peran Guru Akidah Akhlak dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII Marasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024.
Fokus penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII MTsN 3 Bondowoso Tahun pelajaran 2023/2024?; 2.) Bagaimana peran Guru Akidah Akhlak sebagai teladan dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII MTsN 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024?. Tujuan penelitian ini adalah: 1.)Untuk mendeskripsikan peran guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII MTsN 3 Bondowoso Tahun Pelajarann 2023/2024; 2.)Untuk mendeskripsikan peran guru Akidah Akhlak sebagai teladan dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII MTsN 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1.) Guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso yaitu dengan memberikan teguran, nasihat dan arahan, dan memberikan hukuman yang mendidik kepada siswa yang berperilaku indiispliner, serta menjelaskan materi Akidah Akhlak dengan mengaitkan pada perilaku sehari-hari, 2.) Guru Akidah Akhlak sebagai teladan dalam mencegah perilaku indisipliner siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso yaitu datang tepat waktu ke sekolah, berpenampilan rapi dan sopan, bertutur kata yang baik dan selalu mengikuti kegiatan Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURDIAN HAMIDAH
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:30
Last Modified: 15 Jul 2024 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35882

Actions (login required)

View Item View Item