Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja guru di madrasah tsanawiyah unggulan mukhtar syafa'at blokagung tegalsari banyuwangi tahun 2024

Qusyairi, Ahmad (2024) Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja guru di madrasah tsanawiyah unggulan mukhtar syafa'at blokagung tegalsari banyuwangi tahun 2024. Masters thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
tesis ahmad qushaoiri watermark_compressed (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kinerja guru merupakan hasil kerja dari individu, berupa kemampuan
yang dia miliki dalam menjalankan pekerjaan guna mencapai tujuan organisasi.
Pada umumnya sekolah akan berusaha meningkatkan kinerja guru, dengan tujuan
agar kinerja sekolah juga akan meningkat. Banyak cara agar guru dapat
meningkatkan kinerjanya, diantaranya melalui kompensasi dan motivasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah motivasi
berpengaruh terhadap kinerja guru, (2) apakah kompensasi berpengaruh terhadap
kinerja guru, (3) apakah motivasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja
guru di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Mukhtar Syafa'at Tahun 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui pengaruh
Motivasi terhadap kinerja guru, (2) untuk mengetahui pengaruh Kompensasi
terhadap kinerja guru, (3) untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Kompensasi
terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Mukhtar Syafa'at
Tahun 2024.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari
penelitian ini adalah Guru MTs Unggulan Mukhtar Syafa'at Blokagung Tegalsari
Banyuwangi yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik
sampling jenuh, yaitu jumlah populasi guru berjumlah 30, semuanya dijadikan
sebagai sampel. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer untuk variabel
Motivasi, Kompensasi, dan Kinerja Guru yang diperoleh dari guru dengan
menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier
berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian adalah : (1) Motivasi secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap Kinerja Guru di MTs Unggulan Mukhtar Syafa'at Blokagung
sebesar 39,2%, dengan nilai signifikansi sebessar 0,001 lebih kecil dari (a = 0,05)
dan nilai t hitung sebesar 3,653 lebih besar dari t tabel yaitu 2,048, (2)
Kompensasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru di MTs
Unggulan Mukhtar Syafa'at Blokagung sebesar 33,1%, dengan nilai signifikansi
sebesar 0,004 lebih kecil dari (a = 0,05) dan nilai t hitung sebesar 3,166 lebih
besar dari t tabel yaitu 2,048, (3) Motivasi dan Kompensasi secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru di MTs Unggulan Mukhtar
Syafa'at Blokagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari (a =
0,05) dan nilai F hitung sebesar 35,197 lebih besar dari F tabel yaitu 3,35.
Adapun besar pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru yaitu
didapatkan hasil R-Square sebesar 0,723 atau 72,3% dengan kategori pengaruh
model kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad qusyairi Qusyairi
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:14
Last Modified: 08 Jul 2024 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35891

Actions (login required)

View Item View Item