Implementasi Muhasabah Diri Dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2019/2020

REZA DWI, WANDA (2020) Implementasi Muhasabah Diri Dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Reza Dwi Wanda_T20161061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reza Dwi Wanda, 2020: Implementasi Muhasabah Diri Dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Sifat malas, kurangnya gairah maupun motivasi ketika belajar, disebabkan tanpa adanya kesadaran dalam diri untuk belajar sehigga perlu memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dalam penelitian ini Muhasabah diri merupakan cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi intrinsik. Dengan muhasabah diharapkan dapat memotivasi belajar siswa dan para siswa dapat melakukan autokritik terhadap perbuatan-perbuatan yang sudah dilakukannya sehingga ada perbaikan kedepannya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Muhasabah Diri sebelum melakukan Kegiatan Pembelajaran dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana Implementasi Muhasabah Diri setelah melakukan Kegiatan pembelajaran dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research yaitu penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasi dan kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Implementasi Muhasabah Diri sebelum melakukan Kegiatan Pembelajaran dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu dalam pelaksanaannya muhasabah ini dikatakan berhasil karena dapat menimbulkan respon positif kepada siswa yakni memberikan dorongan untuk lebih giat dalam belajar dan siswa menjadi lebih berkonsentrasi dan fokus dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas. 2) Implementasi Muhasabah Diri setelah melakukan Kegiatan Pembelajaran dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu siswa mampu memahami dibalik materi ajar yang diterima dalam kehidupan sehai-hari melalui tanya jawab, membiasakan siswa untuk berakhlak dan berpikir positif dan dalam pelaksanaanya ditemukan hambatan yaitu pada waktu, pada evaluasi ini terkadang waktunya terpotong untuk penyempaian materi sehingga muhasabah setelah pembelajaran ini tidak bisa diterapkan sepenuhnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:05
Last Modified: 22 Mar 2022 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3590

Actions (login required)

View Item View Item