Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dalam Laporan Keuangan Pada BUMDesma Mayang Sejahtera Di Kecamatan Mayang Jember

Irawati, Fera (2024) Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dalam Laporan Keuangan Pada BUMDesma Mayang Sejahtera Di Kecamatan Mayang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fera Irawati 204105030118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Akuntabilitas merupakan prinsip pertanggung jawaban dalam pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk memastikan transparansi dan efisiensi dalam penggunaan dana. BUMDesma Mayang Sejahtera berperan penting dalam mengelola dana desa untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Mayang. Penerapan prinsip akuntabilitas dalam laporan keuangan di BUMDesma Mayang Sejahtera adalah untuk memastikan bahwa dana tersebut digunakan sesuai dengan ketentuan dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas dalam laporan keuangan di BUMDesma Mayang Sejahtera? 2) Apa kendala dan solusi dalam penerapan prinsip akuntabilitas laporan keuangan pada BUMDesma Mayang Sejahtera?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas dalam laporan keuangan di BUMDesma Mayang Sejahtera. 2) Untuk mengetahui apa kendala dan solusi dalam penerapan prinsip akuntabilitas laporan keuangan pada Bumdesma Mayang Sejahtera.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di BUMDesma Mayang Sejahtera. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Laporan keuangan yang dibuat oleh BUMDesma Mayang Sejahtera sudah sesuai dengan ketiga indikator akuntabilitas finansial. Laporan keuangan yang dibuat BUMDesma Mayang Sejahtera sudah menggambarkan kondisi yang sebenarnya, laporan pertanggung jawaban yang berisi laporan keuangan dan laporan kegiatan operasional dalam satu tahun sudah diungkapkan ke publik melalui forum MAD, serta laporan keuangan yang dibuat sudah mengikuti standar dari dinas PMD. Sehingga hal tersebut dapat menunjukkan bahwa BUMDesma Mayang Sejahtera sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dalam laporan keuangannya. 2) BUMDesma Mayang Sejahtera tidak mengalami kendala atau hambatan dalam menerapkan prinsip akuntabilitas pada laporan keuangannya.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Laporan Keuangan, BUMDesma Mayang Sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs. Fera Irawati
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:23
Last Modified: 05 Jul 2024 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35912

Actions (login required)

View Item View Item