Analisis Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong

Wahyuni, Ariska Indri (2024) Analisis Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_RISKA_revisi sip.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Perkembangan di era globalisasi seperti saat ini membuat kebutuhan manusia juga semakin banyak. Bank Syariah Indonesia memiliki produk unggulan yaitu Mitraguna Berkah yang dikhususkan bagi pegawai dengan pendapatan fix income untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan mudah serta tanpa agunan. Bank Syariah Indonesia juga membutuhkan proses perlakuan akuntansi tersendiri guna menghindari penyalahgunaan data. Perlakuan Akuntansi sendiri merupakan proses pengakuan, pengukuran, pencatatan dan penyajian informasi keuangan. Perlakuan Akuntansi pada pembiayaan Mitraguna Berkah juga membantu untuk mengungkapkan yang lebih baik mengenai transparasi dan akuntabilitas dalam praktik keuangan.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1. Bagaimana mekanisme pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong? 2. Bagaimana Perlakuan Akuntansi Terhadap Pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong. 2. Untuk mengetahui perlakuan akuntansi terhadap pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan teknik snowball dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triagulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Mekanisme Pada Pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong telah sesuai dengan prosedur pembiayaan murabahah pada teori Kasmir dan Ikatan Bankir Indonesia dimana dalam pelaksanaannya sesuai dengan prinsip syariah agar terhindar dari gharar (ketidak jelasan) 2. Perlakuan Akuntansi Pada Pembiayaan Mitraguna Berkah di BSI KCP Kencong belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 102, karena BSI KCP Kencong tidak menerapkan aturan sesuai dengan PSAK 102 yang menyatakan bahwa denda bagi nasabah yang terlambat membayar diterima dan diakui sebagai dana kebajikan. BSI KCP Kencong tidak memberikan denda kepada nasabah yang terlambat membayar dalam bentuk apapun berdasarkan keputusan pihak BSI KCP Kencong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Ariska Indri Wahyuni
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:06
Last Modified: 10 Jul 2024 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item View Item